visitaaponce.com

Jokowi Saya Bukan Pak Lurah Si Penentu Capres

Jokowi: Saya Bukan Pak Lurah Si Penentu Capres
Presiden Joko Widodo(Youtube Setpres)

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dirinya bukanlah sosok penentu dalam penetapan calon presiden dan calon wakil presiden. Dirinya bukan ketua umum partai politik ataupun ketua dari koalisi partai yang memiliki kewenangan untuk menentukan hal tersebut.

"Perlu saya tegaskan, saya ini bukan ketua umum parpol, bukan juga Ketua koalisi partai. Sesuai ketentuan Undang-undang, yang menentukan capres dan cawapres itu Parpol dan koalisi parpol," jelas Jokowi dalam Sidang Tahunan  MPR RI di gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (16/8).

Ia juga mengaku kaget karena ternyata selama ini disebut-sebut sebagai Pak Lurah yang memiliki kewenangan untuk menentukan sosok calon pemimpin bangsa di masa depan.

Baca juga: Ketua MPR: Indonesia tidak Boleh Bergantung pada Sumber Daya Alam Mentah

"Saya sempat mikir siapa Pak Lurah ini. Sedikit-sedikit kok Pak Lurah. Belakangan saya tahu yang dimaksud Pak Lurah itu ternyata Saya," tuturnya.

"Ya saya jawab saja, saya bukan lurah. Saya Presiden Republik Indonesia. Ternyata Pak Lurah itu, kode."

Baca juga: Ketua MPR: Pembahasan PPHN Seyogianya Usai Pemilu 2024

Kendati demikian, Jokowi menyadari bahwa posisinya sebagai Presiden memang sangat mudah untuk dijadikan sebagai tameng atau alibi di masa-masa memasuki pemilihan umum seperti sekarang.

"Saya paham, sudah nasib seorang Presiden untuk dijadikan paten-patenan, dijadikan alibi, dijadikan tameng. Kampanye belum mulai, tapi foto saya banyak dipasang dimana-mana. Bukan foto saya sendirian. Ada yang di sebelahnya bareng Capres. Ya tidak apa, boleh-boleh saja," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat