visitaaponce.com

Anies Singgung Perpindahan Kekuasaan dalam Tempo Sesingkatnya

Anies Singgung Perpindahan Kekuasaan dalam Tempo Sesingkatnya
Anies Baswedan (kanan) kala memimpin upacara bendera dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI.(MI/Tri Subarkah)

BAKAL calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyinggung soal perpindahan kekuasaan dalam tempo sesingkatnya. Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan dalam upacara peringatan kemerdekaan ke-78 RI di Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Anies memberikan sambutan dalam kapasitasnya sebagai Pembina Karang Taruna setempat.

Awalnya, Anies mengatakan upacara pengibaran bendera Merah Putih adalah momen pengingat bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas untuk menuju keadilan dan kemakmuran serta menggulung kolonialisme. Ia menyebut, tanggung jawab masyarakat saat ini adalah sama-sama melunasi janji kemerdekaan.

"Kita mengikhtiharkan agar mulai dari lingkungan kita bahwa semua mendapatkan kesetaraan, kesempatan. Mudah-mudahan kita akan bisa melunasi janji itu yang tidak terlalu lama, menyatakan merdeka dan perpindahan kekuasaan bisa dalam tempo yang sesingkat-singkatnya," ujar Anies, Kamis (17/8).

Baca juga: Anies Baswedan Berkunjung ke Metro TV, Ingatkan Soal Gotong Royong

Ia juga menyinggung gelaran Pemilu menjadi momen bagi Indonesia untuk berhenti dan menengok ke depan dan ke belakang. Menurut Anies, tiap lima tahun sekali, Indonesia bakal menentukan arah dan pemimpin baru.

Anies mengikuti rangkaian upacara bersama sekitar 200 warga RW 4, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. 

Ia tiba di lokasi acara sekitar pukul 07.15 WIB didampingi istrinya, Fery Farhati. Berdasarkan pantauan Media Indonesia, ia mengenakan baju adat Jawa surjan dan dilengkapi blangkon.

Baca juga: Demokrat Sambut Bila Cawapres Anies Benar Diumumkan 18 Agustus

Anies merupakan salah satu kandidat bakal calon presiden Indonesia saat ini. Anies diusung tiga partai politik, yakni Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat