visitaaponce.com

HUT RI ke-78, Anies Baswedan Menang Dua Kali

HUT RI ke-78, Anies Baswedan Menang Dua Kali
Anies Baswedan(MI/Susanto)

BAKAL calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan ikut memeriahkan perlombaan 17 Agustus dalam perayaan HUT ke-78 RI di Waduk Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia berpartisipasi dalam lomba tarik tambang dan gebuk guling bersama warga setempat.

Berdasarkan pantauan Media Indonesia di lokasi, Anies mengikuti jalannya perlombaan dengan mengenakan kaos hitam bergambar Jakarta International Stadium (JIS). Pada lomba tarik tambang, tim Anies menang dua kali dan kalah sekali.

Selanjutnya, ia juga ditantang mengikuti lomba gebuk guling di atas Waduk Lebak Bulus. Dalam perlombaan tersebut, Anies berhasil memenangkan dua ronde. Namun pada ronde ketiga melawan Ketua RT 06/04 Kelurahan Cilandak Barat, Malkan, Anies kalah dan terpaksa harus tercebur ke dalam waduk.

Baca juga : Anies Singgung Perpindahan Kekuasaan dalam Tempo Sesingkatnya

Malkan pun mengungkap rasa senangnya karena dapat mengalahkan Anies. Ia mengaku tidak pernah ragu berkompetisi dengan Anies yang sempat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu.

"Karena beliau memosisikan sejajar dengan yang lain. Saya enggak ada canggung, namanya lomba, menang kalah siap menerima resiko," kata Malkan di lokasi, Kamis (17/8).

Baca juga : Demokrat Sambut Bila Cawapres Anies Benar Diumumkan 18 Agustus

Sementara itu, Anies tampak gembira dapat berpartisipasi dalam perlombaan yang diadakan di dekat kediamannya.

"Seru. Namanya juga pertandingan, main tiga kali, dua kali menang, sekali kalah. Yang penting penonton senang, kitanya juga senang. Yang menang dan yang kalah sama-sama senang," aku Anies.

"Saya kalah sama Pak RT. Insya Allah kalau ngurus surat-surat masih gampang," sambungnya sambil berkelakar.

Anies sendiri berpendapat bahwa perayaan 17 Agustusan adalah perayaan rakyat, bukan sekadar upacara oleh negara yang ditonton oleh rakyat. Ia memaknai kemerdekaan seperti halnya Presiden ke-1 RI Sukarno, yakni jembatan emas menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Oleh karena itu, Anies menganggap perjuangan rakyat Indonesia masih panjang. Segenap elemen bangsa, lanjutnya, sama-sama bertanggung jawab untuk melunasi janji kemerdekaan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi setiap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan terlibat partisipasi dunia.

"Mudah-mudahan kita akan bisa melunasi janji ini dalam waktu yang tidak terlalu lama. Menyatakan merdeka dan perpindahan kekuasaan bisa dalam tempo sesingkat-singkatnya," tandas Anies. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat