visitaaponce.com

Golkar Sulit Mengubah Sikap Politik

Golkar Sulit Mengubah Sikap Politik
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.(MI/Moh Irfan)

SIKAP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang disebut masih berharap partai Golkar merapat dinilai sulit terwujud. Sebab partai Golkar sangat rentan terkena operasi serangan tangan kekuasaan yang tidak terlihat. Pernyataan ini disampaikan pakar politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam, Sabtu (19/8).

"Kecil kemungkinan Golkar berubah sikap. Risikonya cukup besar. Kecuali Golkar mendapatkan perlindungan politik (political protection) dari operasi serangan tangan-tangan kekuasaan yang tidak terlihat," ujarnya.

Baca juga: Gibran Tolak Dipasangkan dengan Ganjar, Jawaban untuk Puan Maharani

Menurutnya serangan PDI Perjuangan kepada kubu Prabowo Subianto merupakan respon keras sekaligus mengindikasikan kemarahan pada kompetitornya, yang dulu diberi ruang masuk ke pemerintahan tapi kini seolah menikam PDIP dari belakang.

"Meskipun PDIP kecewa, PDIP tidak akan surut untuk melanjutkan perjuangan," imbuhnya.

Baca juga: Pengamat: Akan Jadi Rebutan, Erick Dipastikan Tegak Lurus ke Jokowi

Jika partai beringin itu merubah sikap politiknya maka risiko hukum dan politik harus ditanggung. Akan ada kekuatan yang menggerakkan mesin penegakan hukum untuk menggarap kasus yang diduga melibatkan Airlangga Hartarto.

"Goncangan internal lewat isu Munaslub juga akan keluar lagi jika Golkar dianggap mbalelo dari agenda kepentingan yang telah ditetapkan"

Sebelumnya Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan masih membuka pintu untuk Golkar berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Puan bahkan menyebut kedua partai ini memiliki tujuan dan perasaan yang sama sehingga merapatnya Golkar ke KKIR bukan sebuah kepastian.

"Walaupun Golkar pun sudah bersama Pak Prabowo, tapi kan itu (masih belum menikah) jadi baru menuju pelaminan. PDI Perjuangan sih cocok. Jadi kalau memang ada faktor yang nggak bikin cocok, perlu tanyakan ke ketum Pak Airlangga. Yang pasti kami masih membuka pintu, kami tidak akan menutup pintu," tukasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat