visitaaponce.com

TPPO Kembali Jadi Topik Pembicaraan Tingkat ASEAN

TPPO Kembali Jadi Topik Pembicaraan Tingkat ASEAN
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo(Dok. Ist)

ASEAN Ministerial Meeting on Transnasional (AMMTC) ke-17 akan dilaksanakan di Labuan Bajo, NTT, mulai 20-23 Agustus 2023. Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menjadi salah topik yang dibahas dalam sebagai tindak lanjut dari ASEAN SUMMIT pada Mei lalu. 

"Pelaksanaan AMMTC ini melanjutkan apa yang telah dibahas selama KTT ASEAN di Labuan Bajo Mei lalu, khususnya terkait isu kejahatan transnasional atau transnational crime" jelas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada awak media di Labuan Bajo, Sabtu 19 Agustus 2023 sore.

Kapolri menjelaskan tahun ini Polri mendapatkan keketuaan. Dengan keketuaan ini, lanjut Listyo, diharapkan mampu menghasilkan keputusan penting dalam rangka pemberantasan transnasional crime termasuk TPPO.

Baca juga: Kapolri Sebut 900 Tersangka TPPO sudah Diamankan

"Ini betul-betul akan kita manfaatkan untuk melaksanakan kerja sama dengan negara-negara ataupun kepolisian di wilayah ASEAN, kita harapkan ada beberapa keputusan yang kita kerjasama kan terkait transnational crime," ungkapannya. 

Listyo mengaku segala persiapan mulai dari acara pembukaan hingga penyelenggaraan pertemuan AMMTC sudah siap. Pembukaan AMMTC nantinya akan dimeriahkan dengan parade drumband dari taruna Akademi Kepolisian (Akpol), dan pertunjukan budaya NTT. 

Baca juga: Heru Budi Berlakukan PJJ Pelajar DKI saat Berlangsung KTT ASEAN 5-7 September

"Semoga kegiatan berjalan dengan baik dan mendapatkan kesepakatan kerja sama dalam rangka pemberantasan transnasional crime, sekaligus mengangkat Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas," harap Kapolri. 

Pembukaan AMMTC ke-17 akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2023 di Hotel Meruorah yang berada di kawasan Marina Labuan Bajo.

Sementara para Minggu 20 Agustus sore akan dilakukan parade penyambutan seluruh delegasi dan tamu yang hadir. Para delegasi juga akan disambut dengan Welcome Cocktail and Toast di atas kapal pinisi Lako Sae, dan berlayar menikmati keindahan bahari Labuan Bajo.

Kapal ini akan berlayar selama 1,5 jam dengan rute Dermaga Meruorah-Pulau Bidadari (sunset view)-Pelabuhan Ayana Komodo Weicicu Beach. Kegiatan berlayar ini akan dipandu tour guide dan diiringi musik hiburan sasando serta akustik.

Kegiatan AMMTC ke-17 yang digelar pada 20-23 Agustus 2023 itu akan diikuti 10 menteri negara ASEAN beserta anggota delegasinya termasuk kepala kepolisian di negara tersebut. Ada juga delegasi dari tiga mitra dialog, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat