visitaaponce.com

Ketua KPU RI Bebaskan Anies, Prabowo, dan Ganjar Debat di Kampus

Ketua KPU RI Bebaskan Anies, Prabowo, dan Ganjar Debat di Kampus
KPU mempersilakan Anies, Prabowo, dan Ganjar untuk debat capres.(MI/Susanto)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari membebaskan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo untuk berdebat di mana saja, termasuk di kampus. Ketiga nama itu digadang-gadang bakal menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Namun, Hasyim mengingatkan, Anies, Prabowo, dan Ganjar belum resmi ditetapkan sebagai calon presiden oleh KPU. Sebab, pendaftaran bakal pasangan pasangan capres-cawapres baru akan dimulai pada Oktober mendatang.

"Saat ini masih bulan Agustus 2023, belum masuk tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024. Jangankan jadi calon, sebagai bakal calon presiden saja belum," ujar Hasyim melalui keterangan tertulis, Jumat (25/8).

Baca juga: KPU Nilai Debat Politik di Kampus Berdampak Positif

Ia menjelaskan ada tiga tahap bagi seseorang untuk dicalonkan sebagai capres-cawapres. Pertama, rekrutmen dan seleksi di internal partai politik. Kedua, pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres oleh partai politik ke KPU RI.

Oleh karena itu, Hasyim menjelaskan seseorang baru disebut sebagai bakal calon jika sudah didaftarkan partai politik ke KPU. Sementara itu, seseorang disebut sebagai capres-cawapres saat dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran dan ditetapkan oleh KPU.

Baca juga: Putusan MK Bisa Berikan Ruang Pendidikan Berpolitik bagi Pemilih Pemula

Dalam konteks tahapan Pemilu 2024, saat ini baru memasuki masa sosialisasi, bukan kampanye. KPU tidak menganggap aktivitas debat atau diskusi yang dilakukan Anies, Prabowo, dan Ganjar pada masa sosialisasi sebagai pelanggaran pemilu.

"Karena itu Mas Anies, Mas Ganjar, dan Pak Prabowo masih bebas silaturrahim, diskusi, dan debat dengan siapa pun, dan bertempat di mana saja, termasuk di dalam kampus," tandas Hasyim. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat