visitaaponce.com

Visi Gerakan Perubahan Goda PKB

Visi Gerakan Perubahan Goda PKB
Capres dari Partai NasDem Anies Baswedan menyampaikan pidato politik saat deklarasi pasangan capres-cawapres 2024 di Hotel Majapahit.(MI/RAMDANI)

DIREKTUR Eksekutif Kedai Kopi Hendri Satrio memaparkan analisisnya soal dinamika Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Belakangan, bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan resmi mendeklarasikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai pendampingnya.

"Rupanya gerakan perubahan memincut PKB untuk bergabung dalam gerakan perubahan," kata Hendri dalam diskusi virtual Crosscheck Metrotvnews.com bertajuk "Koalisi Perubahan Ikhlas Berjuang Bukan Bagi-bagi Kekuasaan," Minggu (3/9).

Hendri mengatakan semangat itu berangkat dari 61,3 persen masyarakat yang menginginkan perubahan. Angka tersebut berdasarkan hasil survei Kedai Kopi.

Baca juga: PKS Nilai Posisi Anggota Koalisi Perubahan tetap Setara

"NasDem, Demokrat, dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera) bersama rakyat menunjuk Anies Baswedan sebagai lokomotifnya atau pemimpinnya," ujar dia.

Hendri mengajak publik tidak membalikkan alur logika soal gerakan perubahan. Bukan Anies yang menarik masyarakat untuk berubah melainkan rakyat yang ingin perubahan lebih dulu.

"Sejarah mencatat ada tambahan kelompok, golongan, orang, dan elite yang ingin gabung dengan rakyat di gerakan perubahan," ucap dia.

Baca juga: PKB Jateng Bersiap Memenangkan Amin

Hendri menyebut hal itu menjadi beban berat bagi Demokrat. Sebab, Demokrat mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai salah satu pemimpin negeri.

"AHY masih muda, partai politiknya mendorong dia sebagai capres. Kemudian karena dia ingin gerakan perubahan, dia serahkan tiket itu ke Anies," tutur dia.

Lantas, Demokrat berharap AHY menjadi cawapres Anies. Rupanya sejarah kembali mencatat Cak Imin yang dipilih sebagai pendamping Anies.

"Ada beban berat di pundak Demokrat yang dititipkan gerakan perubahan rakyat dengan isu berkembang. Ternyata Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar," jelas Hendri. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat