visitaaponce.com

Prabowo-Erick Thohir Dinilai Mampu Lanjutkan Kebijakan Presiden Jokowi

Prabowo-Erick Thohir Dinilai Mampu Lanjutkan Kebijakan Presiden Jokowi
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto(Antara/Dhemas Reviyanto )

PENGAMAT politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi menilai pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir mampu melanjutkan kebijakan maupun program dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sebab, kedua tokoh ini merupakan pemimpin andalan dan kepercayaan dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Jika Prabowo Subianto dan Erick Thohir dipasangkan, dapat melanjutkan kebijakan Jokowi," kata Ade, saat dihubungi Minggu (17/9).

Baik Prabowo maupun Erick Thohir disebut telah terbukti memiliki kemampuan untuk bisa melanjutkan kebijakan Jokowi. Misalnya saja Menteri Pertahanan Prabowo yang sudah teruji dalam membangun relasi dengan negara-negara luar dalam bidang pertahanan dan keamanan negara serta memperkuat alutsista bagi Indonesia.

Baca juga: Resmi Dukung Prabowo, Gerindra: Demokrat bakal semakin Intens Berkomunikasi

Sedangkan Erick Thohir dianggap berhasil mentransformasi BUMN dan PSSI sekaligus ke arah lebih baik. Banyak keberhasilan yang dihadirkan Erick Thohir terhadap kedua organisasi tersebut seperti meningkatkan laba Kementerian BUMN hingga mencapai Rp303 triliun dan mencetak timnas berkualitas untuk bisa bertanding di laga internasional.

Tentu keberhasilan masing-masing tokoh ini penuh pujian dan apresiasi dari Jokowi secara langsung. Bukan suatu yang aneh, menurut Ade jika keduanya ini benar-benar terusung sebagai capres dan cawapres bisa menarik dukungan dari berbagai kalangan yang terhubung ke Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: Gerindra Harap Demokrat Segera Resmikan Dukungan ke Prabowo

"Baik Prabowo maupun Erick Thohir ini bisa menarik dukungan dari infrastruktur politik yang sebelumnya mendukung Jokowi atau memanfaatkan Jokowi Effect," ujar Ade.

Salah satu dampak dari tersebut adalah elektabilitas dari pasangan Prabowo – Erick Thohir terus mengalami peningkatan di beberapa lembaga survei. Seperti survei Institute periode Agustus 2023 dalam pemilihan presiden simulasi tiga nama pasangan Prabowo – Erick Thohir ini berhasil memenangkan dengan hasil elektabilitas sebesar 38,5 persen.

Tak hanya itu, dalam survei terbaru oleh Surabaya Research Syndicate (SRS) periode September, dalam simulasi tiga pasangan capres dan cawapres, nama  Prabowo - Erick Thohir menduduki posisi teratas dengan torehan hasil 43,5 persen. Ia berhasil mengungguli Ganjar - Sandiaga dan Anies - Cak Imin. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat