visitaaponce.com

Ini Respons KPK Terkait Klaim Tak Terima Uang Korupsi Bansos Eks Dirut Transjakarta

Ini Respons KPK Terkait Klaim Tak Terima Uang Korupsi Bansos Eks Dirut Transjakarta
KPK akan tetap memproses Kuncoro Wibowo, meski ia mengaku tidak menerima uang terkait rasuah bansos beras.(MI/Susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan mantan Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Muhammad Kuncoro Wibowo tetap diproses secara hukum, meski menyebut dirinya tidak pernah menerima uang terkait dugaan rasuah pengadaan bantuan sosial (bansos) beras di Kementerian Sosial (Kemensos). Pasalnya tindakannya telah menguntungkan orang lain.

"Konsepnya di Pasal 2, Pasal 3 itu ada unsur pasalnya menguntungkan diri sendiri, orang lain, atau suatu korporasi," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Jakarta, Selasa (19/9).

Asep menjelaskan Kuncoro bisa tetap dijerat jika dia membantu perusahaan atau orang lain menikmati uang haram dari pengadaan bansos beras di Kemensos. Meski begitu, KPK tidak mengonfirmasi klaim tidak menerima uang yang dicetuskan mantan Dirut Transjakarta itu,

Baca juga: Jadi Tersangka Korupsi Bansos Beras, Eks Dirut Transjakarta Penuhi Panggilan KPK

"Kami belum bisa menyimpulkan apakah benar tidak menerima untuk dirinya sendiri, atau mungkin orang terdekatnya," ucap Asep.

KPK menegaskan bakal menelusuri aliran dana dalam perkara ini. Kuncoro dipastikan bakal diseret ke meja hijau untuk dimintai pertanggungjawaban hukum.

Baca juga: KPK Tahan Tersangka Kasus Korupsi Bansos Beras Kuncoro Wibowo

Sebelumnya, Kuncoro bersumpah tidak menerima uang terkait dugaan korupsi pengadaan bansos untuk keluarga penerima manfaat (KPM) dalam program keluarga harapan (PKH) di Kemensos.

"Enggak lah. bukan ya, enggak tipe gitu saya. Demi Allah enggak ada lah saya (terima), demi Allah enggak ada sepeser pun enggak ada," kata Kuncoro di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 7 September 2023.

Kuncoro merasa yakin tidak terlibat dalam perkara ini. Mantan Direktur Utama TransJakarta itu juga meyakini tidak ada penerimaan melalui pihak ketiga yang mengatasnamakan dirinya. "Oh, enggak lah, insyaallah tidak ada (dari orang lain)," ucap Kuncoro. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat