visitaaponce.com

Hari Ini Sidang Perdana Eks Pengacara Lukas Enembe

Hari Ini Sidang Perdana Eks Pengacara Lukas Enembe
Stefanus Roy Rening hari ini akan menjalani sidang pembacaan dakwaan dalam kasus dugaan perintangan penyidikan di Pengadilan Tipikor.(MI/Moh Irfan)

MANTAN Pengacara eks Gubernur Papua, Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dijadwalkan untuk menjalani sidang perdana dalam kasus dugaan perintangan penyidikan hari ini, 27 September 2023, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Agenda persidangan untuk pembacaan surat dakwaan dari tim jaksa KPK pukul 10.00 WIB di PN Tipikor pada PN Jakarta Pusat," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (27/9).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu meminta masyarakat memantau proses peradilan tersebut. Persidangan dipastikan terbuka untuk umum.

Baca juga: Eks Pengacara Lukas Enembe Segera Diadili dalam Kasus Perintangan Penyidikan

"Tim jaksa akan membuka dan mengurai secara terang benderang kaitan agenda dan skenario terdakwa (Roy) dimaksud untuk menghalangi dan merintangi proses penyidikan," ucap Ali.

KPK meyakini perbuatan Roy tidak sesuai dengan kaidah advokat saat membela kliennya. Salah satu tingkahnya yakni merangkai skenario berupa saran dan memengaruhi saksi untuk tidak memenuhi panggilan penyidik.

Baca juga: Jaksa Tegaskan Duit Haram Dipakai Lukas Enembe untuk Berjudi

Roy juga diduga meminta salah satu saksi memberikan testimoni atau cerita tidak benar terkait perkara Lukas. Tujuannya untuk menggalang opini publik untuk menyerang KPK.

Roy juga diduga meminta saksi untuk tidak menyerahkan uang atas penanganan kasus yang dilakukan KPK. Dugaan itu dijamin kuat untuk memproses hukum pengacara Lukas tersebut. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat