visitaaponce.com

Keterlibatan Istri Rafael Alun Menarik untuk Terus Dikonfirmasi

Keterlibatan Istri Rafael Alun Menarik untuk Terus Dikonfirmasi
KPK menyelusuri keterlibatan Ernie Meike Torondek dalam pengelolaan PT ARME yang menjadi wadah penerimaan gratifikasi Rafael Alun.(MI/Adam Dwi)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan akan mendalami keterlibatan dari istri mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek disebut ikut mengelola PT Artha Mega Ekadhana (ARME) yang menjadi wadah penerimaan gratifikasi.

"Fakta-fakta sidang tersebut menarik untuk terus dikonfirmasi kepada saksi-saksi lain sehingga membentuk fakta hukum yang dapat ditindaklanjuti oleh KPK," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri, Rabu (27/9).

Ali menjelaskan ada sejumlah saksi lain yang akan dipanggil untuk mengungkap keterlibatan Ernie. Jaksa juga dipastikan bakal membuat laporan soal keterlibatan istri Rafael itu dalam persidangan nanti. "Kita tunggu hasil seluruh proses persidangannya," ujar Ali.

Baca juga: Pemilik Perusahaan Pajak Rafael Alun Terungkap, Ada Istri Kepala KPP Pratama Kemayoran

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK mengulik peran Ernie Meike Torondek dalam dugaan penerimaan gratifikasi dan pencucian uang. Informasi itu diulik dengan memeriksa pegawai PT ARME Ary Fadilah.

"Ada istri terdakwa (Rafael) Ernie Meike Torondek itu apakah aktif atau pasif di PT ARME?" kata JPU pada KPK di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 25 September 2023.

Baca juga: Rafael Alun Akui Miliki Perusahaan Konsultasi Pajak Bareng Istri

Ary mengaku kerap melihat Ernie datang ke PT ARME untuk menghadiri rapat. Rafael juga hadir jika istrinya datang ke kantor tersebut. "Dalam beberapa kali rapat, seingat saya beliau juga hadir," ucap Ary.

Namun, Ary mengaku tidak mengetahui keaktifan Ernie dan Rafael dalam memimpin rapat. Sebab, dia tidak bisa mengikuti pertemuan petinggi perusahaan karena jabatannya tidak terlalu tinggi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat