visitaaponce.com

Pengamat Jokowi Lebih Percaya Ganjar Lanjutkan Programnya daripada Prabowo

Pengamat: Jokowi Lebih Percaya Ganjar Lanjutkan Programnya daripada Prabowo
Pengamat politik dan dosen FISiP Unair, Airlangga Pribadi Kusman.(IST/Unair)

Langkah Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024 memperlihatkan semangat kepercayaan diri yang semakin besar, hal ini semakin terlihat dari fenomena yang berlangsung pasca-Rakernas IV PDI Perjuangan yang telah berlangsung pada Minggu (1/10). 

Bertolak belakang dengan apa yang selama ini menjadi isu politik terkait merenggangnya hubungan Megawati dan Presiden Joko Widodo maupun sinyal Presiden Jokowi mengambil jarak dengan kubu Ganjar Pranowo. 

"Ada beberapa hal yang memperlihatkan tanda tentang gesture harmoni baik antara Presiden Jokowi dan Megawati dan semakin menguatnya sinyal dukungan Presiden Jokowi ke Ganjar Pranowo," kata Airlangga Pribadi Kusman pengamat politik dari Universitas Airlangga dalam keterangan, Rabu (4/10).

Baca juga: PDIP Sebut Jokowi Restui Arsjad Rasjid Menjadi Ketua TPN Ganjar

Dalam Rakernas PDI Perjuangan, Megawati tetap menggandeng baik Presiden Jokowi dan bakal calon presiden yang diusungnya, Ganjar Pranowo.Megawati juga menjelaskan istilah petugas partai yang selama ini diidentikkan Jokowi adalah petugas partai. 

Megawati menegaskan bahwa bukan hanya Presiden Jokowi sebagai petugas partai, namun juga dirinya adalah bagian petugas partai. 

"Maksud Megawati agaknya bahwa baik dirinya maupun Presiden Jokowi sama-sama berkomitmen terhadap garis ideologi partai yang menjadi framework dalam kebijakan publik," kata dosen FISIP Universitas Airlangga ini. . 

Program Kedaulatan Pangan Ganjar

"Statemen yang memperlihatkan semakin tegasnya Jokowi dalam mendukung Ganjar Pranowo terutama terucap dalam pernyataannya soal apabila sebagai Capres Ganjar terpilih sebagai presiden, maka hari pertama dia terpilih langsung menegaskan program kedaulatan pangan untuk Indonesia," jelasnya. 

Baca juga: Prabowo Dipandang Sebagai Sosok Capres Bersih dari Korupsi

Orientasi kedaulatan pangan sebagai saran dari Presiden Joko Widodo terhadap Ganjar ini menjadi sangat penting, karena ancaman krisis yang dihadapi baik dunia dan Indonesia ke depan adalah krisis pangan.

Kegagalan Program Food Estate 

"Presiden Jokowi menekankan program krusial tersebut pada Ganjar Pranowo sebagai kandidat presiden apabila terpilih menjadi presiden. Seruan tentang program krusial ini belum pernah Presiden Jokowi tekankan pada kandidat presiden lainnya, dan pernyataan tentang program presiden ke depan baru pertama kali diutarakan kepada Ganjar," ujar Airlangga. 

Baca juga; Anies Baswedan Ajak Warga Surabaya Wujudkan Agenda Perubahan

Satu hal pula yang penting untuk ditekankan, menurut Airlangga, seruan kedaulatah pangan ini diutarakan kepada Ganjar ketika sebelumnya muncul kepermukaan isu tentang tidak berhasilnya program food estate yang dikelola oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang kebetulan menjadi kandidat presiden pula dalam pilpres 2024. 

"Beberapa sinyalemen yang terungkap dalam rakernas PDI Perjuangan kemarin merupakan isyarat dukungan yang lebih tegas dari sebelumnya yang diutarakan oleh Presiden Jokowi kepada Ganjar," tutur Airlangga. (S-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat