visitaaponce.com

KPU Batasi Rombongan Pendaftar Capres-Cawapres Sebanyak 30 Orang

KPU Batasi Rombongan Pendaftar Capres-Cawapres Sebanyak 30 Orang
KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari (kiri).(MI/Moh Irfan )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) membatasi rombongan pimpinan partai politik atau gabungan partai politik yang bakal ikut dalam proses pendaftaran pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyebut hanya 30 orang saja yang dapat masuk ke ruang pendaftaran.

"Pimpinan partai politik atau gabungan partai politik yang hadir ke Kantor KPU RI diberikan kesempatan 30 orang untuk masuk ke ruangan pendaftaran," kata Hasyim di Jakarta, Jumat (13/10).

Di sisi lain, ia juga mengatakan telah menyiapkan tempat bagi iring-iringan pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres. KPU RI menyediakan halaman parkir yang dapat digunakan untuk 200 orang pengiring setiap pasangan.

Baca juga: Ketua KPU RI: Kontribusi Umat Islam Besar dalam Demokrasi Global

Proses pendaftaran pasangan bakal capres dan cawapres bakal digelar di Kantor KPU RI, Jakarta selama satu pekan. Adapun waktu pendaftaranya digelar sejak pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sementara itu, pada hari terakhir pendaftaran, KPU RI membuka pelayanan sampai pukul 23.59 WIB.

"Belum ada info (pasangan calon yang bakal mendaftar)," pungkas Hasyim.

Baca juga: Polri Tunda Proses Hukum Peserta Pemilu 2024

Sejauh ini, baru ada satu kandidat bakal pasangan capres dan cawapres yang siap mendaftar ke KPU, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Pasangan yang dikenal dengan akronim Amin itu diusung oleh partai politik dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yaitu Partai NasDem, PKB, dan PKS.

Sementara itu, kandidat capres usungan PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum memiliki pendamping calon wakil presiden sampai hari ini. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat