visitaaponce.com

Qodari Sebut Maruarar Dirait Sosok Setia Kawan

Qodari Sebut Maruarar Dirait Sosok Setia Kawan
Maruarar Sirait(Dok MI/ROMMY PUJIANTO)

DIREKTUR Eksekutif Indo Barometer M Qodari memuji komitmen persahabatan dan rasa setia kawan politisi PDIP Maruarar Sirait alias Ara kepada bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Meskipun sebelumnya Ganjar sempat menghapus foto Maruarar di akun Instagram pribadi miliknya. 

Hal itu dikatakan Qodari merespon kegiatan keluarga besar Sabam Sirait, yang memberikan ratusan ribu kaos kampanye Ganjar Pranowo Presiden 2024.

"Menurut saya, hal itu merupakan tanda rasa setia kawan Maruarar Sirait tidak berkurang, bahkan justru bertambah kepada Ganjar Pranowo sekalipun Ganjar telah menurunkan atau menghilangkan foto dia berpelukan di acara di Cirebon," kata M Qodari dalam keterangan resmi, Jumat (13/10). 

Baca juga: Sambangi Ponpes Al Hikam, Ganjar Sebut Sosok Kiai Hasyim Muzadi Jadi Acuan

Qodari menilai sikap Maruarar patut dijadikan contoh teladan baik dalam menjaga rasa setia kawan meskipun sempat mendapat perlakuan yang tidak nyaman sekalipun. 

"Jadi, saya kira itu pelajaran yang menarik dan penting dari seorang Maruarar Sirait, bahwa persahabatan atau pertemanan dan bela rasa itu tetap dapat dilaksanakan walaupun ada hal-hal yang kurang mengenakan," ungkap Qodari

Akan tetapi, Qodari justru menangkap hal yang menarik dan cukup menggelitik atas respon Ganjar terkait persoalan hilangnya foto Maruarar di akun Instagram pribadi miliknya yang disebut luput dari pengawasannya. 

Baca juga: Temui Uskup Malang, Ganjar Tegaskan Komitmen Menjaga Kebangsaan

Meskipun belakangan Ganjar mengaku Maruarar merupakan teman baiknya, tapi Qodari menyayangkan Ganjar tidak segera mengevaluasi dan memperbaikinya. 

"Yang menarik adalah pernyataan dari Mas Ganjar yang mengatakan dia justru baru tahu bahwa foto tersebut hilang dari IG-nya dan Mas Ganjar mengatakan Mas Ara itu adalah teman baiknya," terang Qodari

"Kalau benar demikian, menurut saya sih, seharusnya foto Mas Ara dengan Mas Ganjar, Mas Ganjar dengan Mas Ara, yang hilang itu, karena Mas Ganjar sekarang sudah tahu, segera dinaikkan lagi gitu loh," tambahnya. 

Lanjut Qodari, jika Ganjar konsisten dengan ucapannya dan menganggap Maruarar adalah teman baik, hal yang harusnya dilakukan pertama kali adalah menaikkan foto itu kembali. 

"Itulah cara paling nyata bagi Mas Ganjar untuk menunjukkan bahwa memang Mas Ara adalah temannya, dia bela teman dan dia tidak bisa diintervensi oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu hubungan baik," jelas Qodari

Dikatakan Qodari, dalam era demokrasi perbedaan pendapat dan perbedaan pemikiran merupakan hal yang biasa, jangan sampai merusak persahabatan yang telah lama terjalin. 

“Perbedaan pendapat politik itu memang seharusnya tidak mengganggu persahabatan, kita harus belajar dari para tokoh-tokoh politik yang terkemuka, berbeda pendapat, berbeda jalan adalah satu hal, tapi bela rasa atau bela kawan itu tetap penting, apalagi kalau misalnya pada acara yang sama,” tuntas Qodari. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat