visitaaponce.com

IDI Legowo tidak Dilibatkan Pemeriksaan Kesehatan Bacapres dan Bacawapres

IDI Legowo tidak Dilibatkan Pemeriksaan Kesehatan Bacapres dan Bacawapres
Logo IDI(Dok. IDI)

PENGURUS Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) legowo bahwa tidak dilibatkan oleh KPU terkait hal pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) di 2024.

PB IDI juga tidak menanyakan secara resmi terkait tidak dilibatkannya pada pemeriksaan kesehatan bacapres dan bacawapres 2024.

"Kami tidak menanyakan secara resmi kepada KPU karena berpikir akan seperti pemilu-pemilu sebelumnya. Dan IDI posisinya hanya membantu KPU dalam memastikan hasil pemeriksaan kesehatan bacapres/bacawapres secara profesional dan independen, sehingga kalau diminta bantuan IDI siap, tapi kalau IDI tidak diminta ya itu menjadi keputusan KPU," kata Wakil Ketua II PB IDI, Mahesa Paranadipa saat dikonfirmasi, Sabtu (21/10).

Baca juga: Anies-Cak Imin Rampung Jalani Tes Kesehatan di RSPAD

Sebelumnya PB IDI sudah membantu pemeriksaan kesehatan para bacapres dan bacawapres sejak 2004 hingga 2019 lalu.

"Sebelum-sebelumnya, KPU melibatkan PB IDI atas dasar indepedensi tim pemeriksa kesehatan karena berasal dari komunitas profesi khususnya spesialis. Untuk pemeriksaan kesehatan menjelang pemilihan presiden 2024 ini KPU tidak menerbitkan keputusan KPU yang melibatkan IDI sebagaimana keputusan KPU sebelum-sebelumnya," jelasnya.

Baca juga: Koalisi Perubahan Cari Sosok Berkelas sebagai Kapten Pemenangan Anies-Cak Imin

Pada dasarnya PB IDI sudah punya memiliki pedoman teknis pemeriksaan kesehatan. Di dalam panduan ada petunjuk mengenai kondisi kesehatan yang masuk kriteria mampu menjalankan tugas-tugas presiden. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat