visitaaponce.com

Firli Bahuri Diminta Tidak Berlindung dari Kalimat Serangan Balik Koruptor

Firli Bahuri Diminta Tidak Berlindung dari Kalimat Serangan Balik Koruptor
Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha meminta Firli tidak berlindung dengan kalimat serangan balik koruptor terkait dugaan pemerasan.(MI/Adam Dwi)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diminta tidak berlindung dengan kalimat serangan balik koruptor terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pernyataan pentolan Lembaga Antirasuah itu dinilai menyesatkan.

"Firli jangan coba-coba mempermainkan diksi 'corruptor fight back', ini sama sekali bukan!" kata Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Jumat (27/10).

Pernyataan serangan balik koruptor itu kerap dicetuskan Firli untuk merespons skandal pemerasan terhadap SYL. Menurut Ketua KPK itu, penyidikan dugaan pemerasan ditujukan untuk mengaburkan kasus rasuah di Kementerian Pertanian (Kementan).

Baca juga: KPK Akui Ada Dokumen yang Dibawa Polda Metro Terkait Kasus Pemerasan

Namun, Praswad menilai pernyataan Firli tidak bisa dibenarkan. Sebab, pemerasan dalam penanganan perkara merupakan tindakan hina yang dilakukan penegak hukum. "Pemerasan SYL adalah tindak pidana di dalam tindak pidana," ucap Praswad.

Diketahui, Kamis (26/10), Polda Metro Jaya menggeledah rumah Firli di bekasi, dan safe house miliknya di Jakarta Selatan. Pegawai KPK turut diajak melihat upaya paksa itu.

Baca juga: Jokowi Diminta Pecat Firli Biar Penanganan Kasus Pemerasan Berjalan Cepat dan Objektif

"Ini informasi yang kami peroleh karena diminta penyidik untuk hadir," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Firli melalui keterangan tertulis, Kamis, 26 Oktober 2023.

Ali tak memerinci pegawai yang dikirim untuk menyaksikan penggeledahan. Dia meminta menanyakan lebih lanjut kepada pihak Polri. "Adapun selebihnya silakan ditanyakan kepada pihak Polri," ujar Ali. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat