visitaaponce.com

KPU Sebut Semua Bacapres-Bacawapres Mampu secara Kesehatan

KPU Sebut Semua Bacapres-Bacawapres Mampu secara Kesehatan
Ketiga Bacapres dan Bacawapres mampu secara kesehatan(MI/ Moh Irfan)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengumumkan seluruh bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pada Pemilu 2024 mampu secara kesehatan jasmani dan rohani. Para calon juga dinyatakan bebas dari narkoba.

Hal itu disampaikan Hasyim setelah pihaknya menerima hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres-cawapres dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada Jumat (27/10). Satu dari tiga bakal pasangan calon itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

"Mas Anies Baswedan dan Mas Muhaimin Iskandar menurut hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa yang pertama, hasil pemeriksaannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Yang kedua, dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," ujar Hasyim di Kantor KPU RI.

Baca juga: KPU Sebut Capres-Cawapres tak Lolos Tes Kesehatan Harus Diganti

Kesimpulan yang sama juga diperoleh dua bakal pasangan lainnya, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Anies-Muhaimin yang dikenal dengan akronim Amin itu menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke Kantor KPU RI pada Kamis (19/10).

Pasangan Amin menjalani pemerksaan kesehatan pada Sabtu (21/10). Adapun Ganjar-Mahfud menjalani tes kesehatan pada Minggu (22/10). Sedangkan Prabowo-Gibran menjadi pasangan terakhir yang menjalani tes kesehatan, yakni pada Kamis (26/10).

Baca juga: RSPAD Serahkan Hasil Tes Kesehatan Bakal Capres Cawapres ke KPU Besok

Dalam kesempatan yang sama, Kepala RSPAD Gatot Subroto Letjen Budi Sulistya mengatakan pihaknya menyusun tim pemeriksa kesehatan yang profesional, independen, dan dapat dipercaya. Tim pemeriksa itu juga terdiri dari perwakilan kolegium, Himpunan Psikologi Indonesia, serta Badan Narkotika Nasional (BNN). (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat