visitaaponce.com

Muhammadiyah Netralitas Pemerintah Jadi Syarat Mutlak pada Pilpres 2024

Muhammadiyah: Netralitas Pemerintah Jadi Syarat Mutlak pada Pilpres 2024
Presiden Joko Widodo makan siang bersama dengan tiga bacapres 2024(Antara/Hafidz Mubarak A )

SEKRETARIS Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti, menyebut netralitas pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 merupakan syarat mutlak tanpa terkecuali.

“Netralitas pemerintah dan penyelenggara pemilu merupakan syarat mutlak penyelenggaraan pemilihan presiden-wakil presiden dan legislatif yang berkualitas,” tegas Abdul Mu’ti kepada Media Indonesia, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, untuk memastikan netralitas aparat dan penyelenggara pemilu diperlukan kontrol oleh masyarakat.

Baca juga: Hadapi Pemilu 2024, Wapres Ingatkan Netralitas ASN Terjaga

Abdul menegaskan seluruh aparatur negara dilarang keras menggunakan fasilitas negara dan memanfaatkan posisinya untuk kepentingan pemenangan capres tertentu.

“Semua aparatur Pemerintah tidak boleh menggunakan fasilitas negara, mengerahkan sumberdaya, dan membelanjakan anggaran negara,” terang Abdul.

Baca juga: Cak Imin Pegang Komitmen Jokowi Usai Makan Siang Bersama 3 Capres

“Apalagi untuk kepentingan pemenangan capres-cawapres dan partai politik tertentu,” paparnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal netralitas para penjabat (Pj) kepala daerah. Selain itu, presiden juga meminta agar pemerintah daerah memberikan dukungan anggaran pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah. 

"Saya minta gubernur, bapak- ibu bupati wali kota berikan dukungan pada tugas-tugas KPUD dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), tapi tidak mengintervensi apapun, membantu anggaran segera," terang presiden saat memberikan pengarahan pada penjabat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10).

Presiden mengatakan pemda yang tidak netral akan terlihat. Oleh karena itu, ia meminta para penjabat untuk berhati-hati termasuk untuk para aparatur sipil negara (ASN) diimbau agar netral. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat