visitaaponce.com

Ganjar Tanggapi Santai Pernyataan Jokowi Soal Politik Drama Politik

Ganjar Tanggapi Santai Pernyataan Jokowi Soal Politik Drama Politik
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.(AFP)

PERNYATAAN Presiden Joko Widodo terkait pemilu 2024 yang dipenuhi drama ditanggapi calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dengan santai.

"Semua orang bisa berkomentar apapun," ujar Ganjar, Selasa, (7/11).

Dia menekankan sejak awal telah berkomitmen berlaga di pemilu 2024 dengan mengedepankan politik gagasan.

"Saya lebih suka dengan gagasan saya setuju politik gagasan," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Sebut Banyak Drama Politik, Anies: Kita Biasa Saja

Ganjar yang ditemui di Jakarta Pusat menekankan pentingnya demokrasi yang harus didudukan dalam porsinya sehingga cara-cara yang mengarah pada kecurangan dapat dihilangkan.

"Sehingga cara-cara yang tidak pas jangan dipakai. kita semua punya sifat yang sama, lapangan yang fair sehingga gagasan itu bisa disampaikan dan kita harus jujur," cetusnya.

Baca juga: Jokowi Merasa Pemilu 2024 Mirip Sinetron

Di sisi lain Wakil Ketua PAN yang merupakan partai koalisi calon presiden Prabowo Subianto, Viva Yoga Mauladi merespon turunnya hasil survei pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya setiap survei berbeda hasilnya termasuk adanya penurunan publik memilih pasangan ini.

"Silahkan saja membuat hasil survei seperti itu. Kami tetap kerja efektif, efisien, dan dekat terus dengan rakyat," katanya.

Koalisinya meyakini elektabilitas capresnya dengan Gibran terus meroket dari hasil survei lainnya.

"Mengapa hasil lembaga survei berbeda-beda? Jika sebatas perbedaan karena persoalan margin error masih bisa dimaklumi. Tetapi jika karena faktor non ilmiah, ya itu tergantung kepada kredibilitas lembaga surveinya"

Viva menilai masyarakat dapat menilai apakah lembaga survei memiliki integritas, objektif dan ilmiah atau hanya menjadi tukang legitimasi politik karena menjadi konsultan politik dari kandidat tertentu.

"Charta Politika sejak dulu sampai sekarang, selalu memberi nilai bahwa PAN tidak lolos parliamentary threshold. Lah sampai pemilu 2019, suara PAN tetap lolos," tukasnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat