visitaaponce.com

Menhan AS akan ke Indonesia Temui Prabowo. Bahas Palestina-Israel

Menhan AS akan ke Indonesia Temui Prabowo. Bahas Palestina-Israel?
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat menerima kunjungan Menhan AS Lloyd J Austin pada 21 November 2022 lalu.(Antara)

MENTERI Pertahanan RI Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J Austin III dalam waktu dekat. Kabar ini muncul di tengah panasnya isu Palestina dan Israel

Kabag Pemberitaan Menhan Kol Sus Sulistyanto menerangkan Lloyd kemungkinan besar datang ke Indonesia lantaran ada kunjungan resmi AS ke ASEAN.

“Dalam forum serupa, sebagai sidelines event bisa saja masing-masing Menhan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menhan lain,” terang Sulistyanto kepada Media Indonesia, Selasa (7/11/2023).

Baca juga : Prabowo Sayangkan Sikap Diam Negara Barat terhadap Dampak Konflik di Palestina

“Disediakan country room bagi masing-masing negara. Ini bisa jadi bilateral meeting room dengan negara lain. Acara ini diarranged oleh masing negara,” paparnya.

Sulistyanto mengemukakan tidak menutup kemungkinan Prabowo bakal membahas isu Palestina-Israel dengan Menhan AS. “Mestinya ada (pembahasan Palestina-Israel) lihat nanti,” ungkap Sulistyanto.

Baca juga : Prabowo Pimpin Ratas Bahas Peningkatan Eskalasi Konflik Palestina-Israel

 

Menhan AS juga kunjungi India dan Korsel

Adapun Menhan AS akan memulai kunjungannya ke India, Korea Selatan, dan Indonesia minggu depan.

Menhan Austin akan melakukan perjalanan ke India untuk bertemu dengan mitranya, Menteri Pertahanan Rajnath Singh guna membahas perluasan kerja sama industri pertahanan, meningkatkan interoperabilitas, dan memajukan inovasi melalui program India-U.S.

Defense Acceleration Ecosystem (INDUS-X). Menhan Austin dan Menhan Singh juga akan berpartisipasi dalam Dialog Tingkat Menteri 2+2 yang kelima bersama Menteri Luar Negeri Antony J. Blinken dan Menteri Luar Negeri Dr. S. Jaishankar.

Setelah Pertemuan Tingkat Menteri, Menteri Luar Negeri Blinken dan Manteri Austin akan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Menhan Austin kemudian akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Shin Wonsik dan para pemimpin senior Korsel lainnya, termasuk menghadiri Pertemuan Konsultatif Keamanan tahunan ke-55 dan Pertemuan Menteri Pertahanan Negara-negara Anggota Komando ROK-PBB yang pertama.

Ia juga akan bertemu dengan para komandan militer dan anggota militer AS di Semenanjung Korea, untuk menegaskan kembali komitmen kuat AS dalam upaya pencegahan terhadap serangan ke Korea Selatan.

Menhan Austin juga akan menghadiri peringatan Hari Veteran di Seoul dan bertemu dengan para tentara yang pengabdian dan pengorbanannya telah memelihara perdamaian dan keamanan di seluruh wilayah selama beberapa dekade.

 

Di Jakarta, Menhan AS hadiri pertemuan ASEAN 

Menhan Austin kemudian akan melakukan perjalanan ke Indonesia untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-10.

Selama di Jakarta, Menhan akan mengadakan Pertemuan Informal ASEAN-Amerika Serikat untuk membahas peluang perluasan hubungan kerja sama keamanan ASEAN-AS, setelah satu tahun pencanangan peningkatan hubungan kerjasama menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

Menlu Austin juga akan bertemu dengan rekan-rekan di kawasan untuk menyampaikan komitmen mendalam Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan sekutu dan mitranya dalam mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. (Z-4)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat