visitaaponce.com

Hakim Suhartoyo Ungkap Alasannya Maju Sebagai Ketua MK

Hakim Suhartoyo Ungkap Alasannya Maju Sebagai Ketua MK
Ketua MK terpilih Suhartoyo (kanan) dan Waki Ketua MK terpilih Saldi Isra melakukan salam komando, seusai rapat pleno, Kamis (9/11).(MI/Usman Iskandar)

HAKIM konstitusi Suhartoyo mengungkapkan alasan menyanggupi maju sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), menggantikan Anwar Usman. Suhartoyo mengaku hal itu lantaran dirinya merespons kepercayaan hakim konstitusi lain.

"Harus dipahami, jabatan ini bagi saya bukan saya yang minta, tapi ada kehendak dari para yang mulia," kata Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis, 9 November 2023.

Suhartoyo mengatakan hakim konstitusi lain memercayakan Suhartoyo untuk menakhodai MK. Termasuk, menaruh kepercayaan kepada Saldi Isra sebagai Wakil Ketua MK.

Baca juga : Jadi Ketua MK, Suhartoyo Miliki Harta Rp14,7 Miliar

"Kalau kemudian kami juga tidak mau, siapa lagi? Apakah MK dibiarkan mandek?" papar dia.

Selain itu, pemilihan Ketua MK anyar merupakan mandat putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Nomor 2/MKMK/L/11/2023. Beleid itu memerintahkan Saldi segera menggelar pemilihan sosok yang menggantikan Anwar Usman.

"Berdasarkan pertimbangan itu, tentunya kepada siapa lagi kalau kemudian permintaan itu tidak kami sanggupi?" ujar dia. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat