visitaaponce.com

Elektabilitas Capres Berdasarkan Survei Indo Barometer

Elektabilitas Capres Berdasarkan Survei Indo Barometer
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri)(Antara )

LEMBAGA survei Indo Barometer merilis hasil survei dengan tema 'Menuju Potensi Pilpres Satu Putaran'. Ada tiga kandidat capres-cawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Peneliti Indo Barometer Christoper Nugroho mengatakan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas sebanyak 34,2 persen. Berdasarkan survei, responden memilih Prabowo karena dikenal dan disukai, serta Prabowo dianggap tegas dan berani.

Sedangkan, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki elektabilitas sebesar 26,2 persen. Responden memilih pasangan yang diusung PDIP ini karena perhatian dengan rakyat dan kinerjanya dinilai terbukti.

Baca juga: Populi Center Sebut Mayoritas Masyarakat Ingin Pilpres Berjalan Satu Putaran

Sementara itu, pasangan dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperoleh 18,3 persen. Anies-Imin (AMIN) dipilih oleh responden karena Anies dinilai pintar dan berintelektual dibanding dua kompetitornya. Pasangan yang diusung Partai NasDem ini juga dipersepsikan taat beragama.

Dari seluruh responden ada masyarakat yang belum memutuskan sebanyak 13,4 persen. Kemudian, tidak menjawab 3,9 persen.

Baca juga: 50% Masyarakat Percaya Putusan MK Mudahkan Gibran

"Kurang dari 100 hari menjelang tanggal pencoblosan 14 Februari 2024 tentunya akan ada dinamika yang dapat berpengaruh pada suara masing-masing pasangan capres dan cawapres," kata Christoper saat memaparkan hasil survei secara virtual, Sabtu, 11 November 2023.

Indo Barometer melaksanakan survei ini di 38 provinsi se-Indonesia. Dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden dan margin of error sebesar ± 2.79 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku. Yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Sementara itu, metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Indo Barometer melakukan pengumpulan data pada 25-31 Oktober 2023, dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat