visitaaponce.com

KASN Minta ASN Jaga Netralitas di Pemilu 2024

KASN Minta ASN Jaga Netralitas di Pemilu 2024
Ilustrasi ASN DKI Jakarta(Antara)

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto mengungkapkan Pemilu 2024 akan diwarnai dengan berbagai kepentingan politik terkait kontestasi tersebut. Ia pun tidak menyangkal bahwa seluruh rangkaian pesta demkorasi akan sangat rawan pelanggaran netralitas dari ASN.

Oleh karena itu, KASN sebagai lembaga pengawas independen berharap berbagai pelanggaran yang terjadi di lingkungan birokrasi dan ASN kementerian/lembaga/daerah dapat ditekan. Pada periode 2020-2022, KASN mencatat ada 1.678 pelanggaran netralitas ASN.

Masih berdasarkan data KASN, pelanggaran netralitas bisa berbentuk pemanfaatan sumber daya birokrasi, baik berupa dukungan program, sarana dan prasarana serta aktivitas keberpihakan kepada calon tertentu.

Baca juga: Aiman: Saya tidak Menyebut Polri, tapi Oknum

"Dihadapkan pada kondisi tersebut, KASN alan melaksanakan tugas pengawasan netralitas dengan pendekatan pencegahan, perlindungan ASN dan mendorong aktivasi pengawasan internal setiap Instansi Pemerintah. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain meluncurkan slogan 'ASN Pilih Netral' dalam bentuk logo, poster dan twibbon yang dapat diunduh dari tautan bit.ly/ASNpilihNETRAL," ujar Agus melalui keterangan resmi, Rabu (15/11).

Ia pun mengimbau kepada seluruh ASN untuk mengunggah slogan tersebut di akun media sosial masing-masing masing. Hal ini diharapkan menjadi gerakan serta bagian dari komitmen netralitas dan integritas yang perlu terus-menerus dijaga bersama.

Baca juga: Jawa Barat Rawan Tinggi Pelanggaran Netralitas ASN

"Logo, poster dan twibbon 'ASN Pilih Netral' bukan hanya sekadar simbol, melainkan sebagai komitmen nyata ASN untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik dengan berbagai kepentingannya," tuturnya

“Stop pelanggaran netralitas dan semoga ASN semakin profesional dan dipercaya masyarakat luas." (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat