visitaaponce.com

Polri Disebut Sulit Netral karena Gibran

Polri Disebut Sulit Netral karena Gibran
Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat melakukan pemeriksaan pasukan yang terdiri dari berbagai satuan.(MGN/Kautsar Widya Prabowo )

ANGGOTA Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan, menilai Polri sulit netral karena kapasitas Gibran Rakabuming Raka yang ikut dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia juga menyinggung soal kedekatan ayah Gibran, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kalau seandainya benar-benar netral ya sulit juga lah, kalau kita mau jujur Kapolri bagaimana latar belakangnya dulu dari ajudan sampai dengan Kapolri. Sementara anak presiden yang jadi cawapres sekarang ini, kita jelas-jelasan aja bicaranya," kata Trimedya di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2023.

Menurut Trimedya, untuk mencegah Polri dari anggapan tidak netral, perlu dikeluarkan surat telegram atau TR. Telegram ini menginstruksikan seluruh aparat polisi menjaga netralitas secara umum.

Baca juga: Cak Imin Minta Lawan Nakal untuk Diviralkan

"Jadi kalau bisa dikeluarkan TR secara umum oleh Kapolri, supaya itu juga bisa mengamini apa yang termasuk di dalam Undang-Undang Polri Pasal 28 soal netralitas Polri," ucap Trimedya.

Komisi III menggelar rapat kerja (raker) dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Namun, Kapolri diwakili Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Mohammad Fadil Imran. (MGN/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat