visitaaponce.com

Bisakah Presiden Jokowi Netral di Pemilu Pakar Tidak Mungkin

Bisakah Presiden Jokowi Netral di Pemilu? Pakar: Tidak Mungkin
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo.(AFP)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) diragukan bisa netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab, anaknya, Gibran Rakabuming Raka, ikut kontestasi sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto.

“Bagaimana mungkin berharap presiden untuk netral sementara anaknya di sana? Mana ada ayah dan ibu profesional terhadap anaknya?” kata pakar hukum tata negara Feri Amsari dalam diskusi di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 November 2023.

Feri mengatakan konflik kepentingan tidak akan terhindarkan dengan situasi tersebut. Situasi kebatinan ayah dan ibu diyakini tidak mungkin netral kepada anaknya.

Baca juga : Jokowi Bagi Bansos karena Panik? Jusuf Kalla: Lebih dari Itu

“Dalam negara ada conflict of interest yang harus dihindari karena tidak bisa dibiarkan,” papar peneliti PoshDem Universitas Andalas itu.

Selain itu, Jokowi merupakan pimpinan tertinggi negara. Salah satu kewenangannya ialah menjadi panglima dalam bidang pertahanan dan keamanan.

“Sulit bagi presiden beranjak ke ruang yang lebih netral,” ujar Feri.

Menurut Feri, kunci netralitas Pemilu 2024 justru berada di tangan masyarakat. Publik mesti kompak mengawasi dan mengawal pesta demokrasi.

“Bukan melarang anaknya (berkontestasi), tapi kalau (bapaknya) berkuasa, jelas conflict of interest,” tegas dia. (MGN/Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat