visitaaponce.com

Hadiri Silaturahmi FSAB, Kemendagri Dorong Penyelenggaraan Pemilu Damai

Hadiri Silaturahmi FSAB, Kemendagri Dorong Penyelenggaraan Pemilu Damai
Silaturahmi Nasional Anak Bangsa digelar di Galeri Tri Prasetya, RRI, Jakarta, Kamis, (23/11).(DOK IST)

FORUM Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) bersama Ketua MPR dan LPP RRI menyelenggarakan kegiatan ‘Silaturahmi Nasional Anak Bangsa’ yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan guna mewujudkan 'Pemilu 2024 yang Damai dan Bermartabat' melalui penyelenggaraan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Kegiatan tersebut di gelar di Galeri Tri Prasetya, RRI, Jakarta, Kamis, (23/11) dan bertujuan untuk merajut tali silaturahmi antara pemangku kepentingan di Pemilu 2024. Selain itu juga memberi dukungan kepada para penyelenggara Pemilu 2024 dan aparat keamanan.

Kemudian menegaskan kepada para pihak yang berkontestasi pada Pilpres maupun Pileg untuk lebih mengedepankan kepentingan nasional dan persatuan bangsa serta tidak melakukan kampanye yang dapat menimbulkan konflik. Para kontestan juga diingatkan untuk membawa kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi atau pun kepentingan kelompok.

Dalam kesempatan tersebut Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri Togap Simangunsong yang mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya menekankan pentingnya mewujudkan Pemilu 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. 

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Togap menyebutkan bahwa Kemendagri telah bersinergi dengan pihak pengaman untuk memastikan keamanan, ketertiban, dan integritas dalam kampanye Pemilu yang akan berlangsung. 

“Pentingnya partisipasi pemilih pemula, dengan fokus pada persiapan data pemilih potensial, terutama Generasi Z dan milenial, yang mencapai 56,5 persen dari total 204 juta pemilih,” ujar Togap.

Baca juga:

Jelang Pilkada 2024, Mendagri Minta Pemda Segera Tandatangani NPHD

Jawa Barat Inginkan Pemilu Aman dan Tenang

“Salah satu dukungan utama Kemendagri adalah upaya untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih, dengan target lebih dari 79,5 persen," tambahnya. 

Selanjutnya Togap menekankan data pemilih potensial menjadi fokus utama, sebagai antisipasi terhadap potensi konflik politik. 

“Lima provinsi dengan tingkat kerawanan pemilu tinggi, yaitu DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur. Dalam mendukung mewujudkan pemilu yang damai dan bermartabat, Kemendagri berkomitmen untuk melaporkan setiap langkahnya kepada pimpinan sesuai dengan piagam kesepakatan bersama,” kata Togap.

“Dengan demikian, Kemendagri menegaskan dukungannya secara penuh terhadap cita-cita bersama mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, tertib, berintegritas, dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi ini,” tutup Togap.

Selain perwakilan dari Kemendagri, acara silaturahmi turut dihadiri langsung oleh Ketua FSAB Suryo Susilo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Panglima TNI diwakili oleh Dankodiklat TNI Letjen Eko Margiono, Kepala Kepolisian diwakili oleh Komjen Suntana. Ketua KPU diwakili oleh Anggota Komisioner KPU Idham Khalik. Perwakilan Bawaslu dan perwakilan tim pemenangan masing-masing dari capres-cawapres juga hadir. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat