visitaaponce.com

Anies Inginkan Pemilu yang Bebas Intervensi

Anies Inginkan Pemilu yang Bebas Intervensi
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut Satu Anies Baswedan(kanan) dan Muhaimin Iskandar menjawab pertanyaan wartawan(MI / Susanto)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai menjaga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bebas intervensi tidak sekadar diwujudkan dengan membubuhkan tanda tangan semisal di pakta integritas. Hal itu harus dipastikan dengan pembuktian di lapangan.

"Apakah pemilu dan pilpres dijalankan dengan penuh netralitas? Apakah pemilu dan pilpres bisa bebas dari intervensi? Pertanyaan-pertanyaan itu tidak dijawab dengan membubuhkan tanda tangan pada pakta integritas tapi menjawab dengan membuktikan apa yang ditandatangani di pakta integritas terlaksana di lapangan," kata Anies di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat, Senin (27/11). 

Baca juga : Fokus Kampanye, Gus Imin Bakal Cuti dari Jabatan Wakil Ketua DPR

Anies bersama pasangan cawapresnya, Muhaimin Iskandar, berkomitmen untuk berkontestasi dengan mengedepankan integritas. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan pemilu yang jujur akan melahirkan pemerintahan yang diinginkan rakyat.

Baca juga : KPU dan Tiga Kontestan Pilpres Deklarasikan Kampanye Damai

"Kita yakin kalau pemilu berintegritas dan pilpres jujur maka akan menghasilkan pemerintahan yang efektif," ucap Anies.

Sementara itu, Muhaimin menilai pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Integrasi itu dimulai dari penyelenggaraan yang berlangsung damai.

"Syarat damai enggak ada kecurangan, seluruh pelaku, pelaksana bersifat adil, kalau enggak adil, pecah. Kalau pecah, pemilu bukan integrasi bangsa," jelas Muhaimin. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat