visitaaponce.com

Kunjungi Koperasi Susu di Pangalengan, Anies Dengar Peternak Perlu Peningkatan Permodalan

Kunjungi Koperasi Susu di Pangalengan, Anies Dengar Peternak Perlu Peningkatan Permodalan
Anies Baswedan dengar keluhan peternakan susu di Pengalengan(Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez)

CAPRES nomor urut 1 Anies Baswedan meninjau pabrik pengolahan hasil susu menjadi keju di Bandung, Jawa Barat. Anies menyebut pabrik pengolahan susu yang dimiliki oleh koperasi merupakan cara yang paling tepat agar keuntungan dirasakan langsung oleh peternak.

"Jadi hari ini kami meninjau sebuah pabrik pengolahan hasil susu menjadi keju ya di tempat ini, nah ini dimiliki oleh koperasi, koperasi peternak Bandung Selatan. Kami melihat cara ini adalah cara yang harus diberikan. Mengapa dengan cara koperasi? Koperasi ini dimiliki koperasi, koperasi yang dimiliki oleh para peternak sehingga ketika pabrik ini berproduksi meningkat, keuntungannya dirasakan oleh semua peternak yang ada, pendekatan inilah yang akan kita besarkan," kata Anies Baswedan di Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11).

Anies mengatakan pihaknya akan mendorong pemerintah membantu koperasi pabrik pengolahan susu. Bantuan itu terdiri atas permodalan agar anggota koperasi memperoleh nilai tambah lebih tinggi. Selain itu Anies mendengarkan keluhan para peternak.

Baca juga: Anies Dengar Petani Jawa Barat Soal Kesulitan Menghadapi Cuaca Ekstrem

"Lalu tadi mereka menyampaikan aspirasi apa saja yang menjadi kebutuhan mendasar, satu adalah bibit sapi, pemerintah diperlukan untuk membantu agar hasil pembibitan itu dapat dukungan karena secara pembiayaan cukup tinggi. Yang kedua adalah lahan untuk pakannya, jadi kami ingin ke depan makin mendorong koperasi dan apa yang menjadi kebutuhan koperasi pemerintah harus bantu karena nanti hasilnya langsung dirasakan oleh para peternak yang senyatanya menghasilkan susu, susu untuk ke masyarakat," tuturnya.

Anies mengatakan Koperasi Peternakan Bandung Selatan Pangalengan (KPBS) yang dikunjunginya memiliki anggota 4.500 orang. Menurutnya, para peternak tak hanya bisa menikmati hasil susu olahan melainkan keuntungan dari produksi.

Baca juga: Anies Nilai Kendaraan Listrik Efisien di Transportasi Umum

"4.500 coba bayangkan 4.500 peternak dalam satu koperasi bila seperti ini kita dorong lebih banyak lagi maka peternak itu bukan hanya menjual hasil susunya tapi semua kegiatan produksi dari susu itu keuntungannya dirasakan oleh para peternak juga," ujarnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat