visitaaponce.com

Kata HAM di Dokumen Visi Misi Prabowo-Gibran Paling Sedikit

Kata 'HAM' di Dokumen Visi Misi Prabowo-Gibran Paling Sedikit
Pasangan capres cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka(AFP )

KOMISI untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menelaaah dokumen visi dan misi dari tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Mereka menghitung jumlah kata hak asasi manusia (HAM) di setiap dokumen.

"Dalam visi dan misi Prabowo-Gibran hanya ada tujuh (kata HAM) di dokumen yang tebalnya 88 halaman," kata Koordinator KontraS Dimas Bagus Arya dalam konferensi pers di Upnormal Raden Saleh, Jakarta Pusat pada Kamis (30/11).

Dimas mengatakan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memuat kata delapan kata HAM. Hal itu tersebar di dokumen visi misi setebal 148 halaman.

Baca juga : Kontras Sebut Dokumen Visi-Misi Amin Memuat Dimensi HAM

"Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi pasangan calon yang menggunakan kata HAM 16 kali di dokumen visi misi yang tebalnya 33 halaman," ujar dia.

Dimas menilai angka-angka tersebut masih minim. Bahkan, dia menyebut ada bentuk pengabaian dan ketidakseriusan dalam menyebut HAM.

"Ini mengindikasikan dibanding diskursus ekonomi, kesejahteraan, dan pembangunan, ternyata kata HAM sangat kecil porsinya," jelas dia. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat