visitaaponce.com

Anies-Muhaimin Janjikan Kemudahan Pendirian Rumah Ibadah

Anies-Muhaimin Janjikan Kemudahan Pendirian Rumah Ibadah
Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar mengunjungi kawasan Glodok, Jakarta.(MI/Adam Dwi)

KUNJUNGAN calon wakil pesiden (cawapres) Muhaimin Iskandar ke pecinan Glodok, Jakarta, sebagai rangkaian kampanye menunjukkan komitmen pasangan nomor urut 1 itu terhadap isu toleransi antarumat beragama. Rekam jejak Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 juga menepis tuduhan intoleran yang ditujukan untuk menyerang pasangan tersebut.

Juru bicara Timnas Amin, Billy David Nerotumilena, mengatakan Amin memiliki rekam jejak yang baik dalam komitmen menjaga toleransi. Semangat itu pun bakal dibawa ke kancah nasional. Salah satu program yang diusung Amin adalah mempermudah izin pendirian rumah ibadah demi terciptanya kegiatan keagamaan yang tenang dan aman.

"Rekam jejak di Jakarta pemberian izin membangun bangunan (IMB) bagi gereja-geraja yang puluhan tahun tidak memiliki izin, memberikan izin umat Hindu Tamil untuk membangun rumah ibadahnya, dan lain-lain," kata Billy kepada Media Indonesia, Jumat (1/12).

Baca juga: Prabowo Dinilai Masih di Bawah Bayang Jokowi

Saat ini, izin mendirikan rumah ibadah masih diatur lewat Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadah.

Persyaratan yang mesti dikantongi adalah daftar nama dan kartu tanda penduduk pengguna rumah ibadah paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat serta dukungan masyarakat setempat paing sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah atau kepala desa. Selain itu, rekomendasi tertulis Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten/kota juga mesti diperoleh.

Baca juga: Semangat Keadilan Amin Tercermin dari Kampanye Hari Pertama

Selain kemudahan izin pendirian, Billy juga menyebut program Amin lainnya terkait kerukunan umat beragama adalah Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) yang bakal diamplifikasi ke tingkat nasional.

"Bantuan operasional ini diberikan untuk operasional bangunan rumah ibadah dan juga pekerja di rumah ibadah seperti marbot, pendeta, pandita, bikhu, dan lain-lain untuk semua agama di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.

Billy menyebut Amin akan memberikan kesempatan yang sama kepada semua pemeluk agama untuk merayakan hari besar keagamaan di ruang-ruang publik. Ia juga mengingatkan gapura di pecinan Glodok dibangun ulang pada era kepemimpinan Anies.

"Gapura chinatown itu baru dibangun ulang oleh Pak Anies ketika menjabat Gubernur DKI dan diresmikan tahun 2022," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat