visitaaponce.com

Gen Z tidak Boleh Apatis Terhadap Pemilu

 Gen Z tidak Boleh Apatis Terhadap Pemilu
Para narasumber dalam acara Suara Gen Z TVRI Jakarta.(Dok IISIP Jakarta)

GENERASI Z (Gen Z) tidak boleh apatis terhadap pemilihan umum yang akan dihelat tahun depan. Pasalnya, suara mereka sangat signifikan untuk menentukan arah perjalanan bangsa.

"Anda semua enggak boleh diam saja. Berikan suara secara bertanggung jawab karena akan memilih pejabat publik yang terbaik," ujar Dekan FISIP IISIP Jakarta Enny Suryanjari di ajang Suara Gen Z TVRI Jakarta, Kamis (30/11).

Program yang dihelat Lembaga Penyiaran Publik (LPP) tersebut, bertujuan memberikan sosialisasi mengenai penting dan asiknya mengikuti Pemilu 2024 kepada generasi yang lahir antara 1997-2012.

Di hadapan ratusan mahasiswa IISIP Jakarta, Enny menekankan Gen Z yang menjadi pemilih pemula tak boleh golput. Terlebih mereka hidup di dunia internet yang begitu luas cakupan informasinya.

"Dalam konteks itulah Gen Z merupakan anak-anak muda yang smart karena bisa memilah informasi kategori hoaks atau tidak. Mereka dengan mudah mencari pembandingnya. Intinya, jangan mentah-mentah menelan segala informasi dan harus kritis menyikapi," tandas Enny lagi.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Rektor IISIP Jakarta Asrul M Mustaqim. Menurutnya, saat inilah anak-anak muda itu harus unjuk diri sebagai generasi yang diperhitungkan dalam kancah politik nasional.

Asrul mengutip data bahwa Gen Z itu akan menjadi penentu kemenangan calon presiden. "Kalau kita lihat Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan BPS, Gen Z di Indonesia sekitar 74,93 juta. Itu bukan jumlah yang kecil karena setara dengan 27,94% dari populasi," tandasnya.

Asrul menambahkan bahwa jumlah itu sudah cukup untuk memberikan kemenangan dalam pilpres nanti. Tinggal para kandidat; apakah bisa mendekati mereka atau enggak. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat