visitaaponce.com

Kesaksian Agus Rahardjo Jadi Bukti Pelemahan KPK oleh Penguasa

Kesaksian Agus Rahardjo Jadi Bukti Pelemahan KPK oleh Penguasa
Presiden Joko Widodo(Antara )

PERNYATAAN eks pimpinan KPK Agus Rahardjo tentang KPK dinilai membuktikan upaya pelemahan antirasuah sudah terjadi sejak lama, termasuk oleh pimpinan negara. Agus mengungkapkan pernah diminta Presiden Joko Widodo untuk menghentikan pengusutan kasus KTP-el.

Peneliti Pusat Studi Anti Korupsi (Saksi) Universitas Mulawarman Herdiansyah Hamzah mengatakan pengakuan tersebut mengkonfirmasi bahwa operasi pelemahan KPK lahir dari kekuasaan.

"Presiden yang harusnya jadi panglima pemberantasan korupsi, justru paling depan membunuh KPK. Ini kan paradoks," cetusnya, Jumat (1/12).

Baca juga: Alexander Akui Pernah Ada Perintah Jokowi Setop Kasus KTP-el

Dengan kondisi demikian maka tidak salah kalau publik berpendapat KPK telah dijadikan alat penggebuk oleh kekuasaan. Jika dicermati ini merupakan imbas revisi UU KPK.

"Revisi yg didesain untuk menundukkan KPK, mengontrolnya di bawah kekuasaan pemerintah," ungkapnya.

Baca juga: Eks Pimpinan KPK Akui Jokowi Pernah Minta Kasus E-KTP Disetop

Sebelumnya dalam acara bincang di salah satu televisi Agus menceritakan pengalamannya dimarahi Presiden Joko Widodo terkait kasus korupsi megaproyek KTP Elektronik. Kala itu saat menjabat Ketua KPK dia sempat dipanggil untuk menghadap Jokowi. Namun yang membuatnya heran ia dipanggil sendiri tanpa empat komisioner KPK lainnya.

"Saya terus terang pada waktu kasus E-KTP saya dipanggil sendirian oleh Presiden. Saya heran biasanya memanggil berlima, ini kok sendirian. Dan dipanggilnya juga bukan lewat ruang wartawan". (Sru/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat