visitaaponce.com

Belum Diskusi, Anies Kaget Konsep Debat Publik Sudah Diumumkan

Belum Diskusi, Anies Kaget Konsep Debat Publik Sudah Diumumkan
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan.(MGN)

CALON presiden (capres) Anies Baswedan mengaku kaget soal konsep debat publik yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU menyampaikan tidak ada debat khusus calon wakil presiden (cawapres) seperti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Kita terkejut. Belum bicara, tapi sudah ditetapkan,” kata Anies di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Desember 2023.

Anies mengatakan Tim Nasional (Timnas) AMIN sudah bersurat ke KPU. Mereka mengusulkan format debat publik.

“Tim belum pernah diajak bicara dan dari pengalaman kami selalu pasangan calon ada utusannya untuk diajak bicara,” ujar dia.

Baca juga: Anies akan Hadiri Sidang Umum PBB Bila Jadi Presiden

Anies menyebut diskusi itu sejatinya untuk merumuskan konsep debat. Namun KPU sudah mengumumkan konsep sebelum berdiskusi dengan perwakilan masing-masing pasangan calon.

KPU mengubah format debat calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Setiap pasangan capres-cawapres akan menghadiri setiap sesi debat.

Baca juga: Barisan Anies-Muhaimin semakin Rapi dan Panjang

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyebut kebijakan itu dibuat agar pemilih dapat melihat sejauh mana kerja sama yang dibangun antara capres dan cawapres.

"Sehingga kemudian publik makin yakin lah teamwork antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim saat dikonfirmasi, Jumat, 1 Desember 2023.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat