visitaaponce.com

KPU Tegaskan Cawapres Bakal Jadi Aktor Utama saat Debat Cawapres

KPU Tegaskan Cawapres Bakal Jadi Aktor Utama saat Debat Cawapres
Komisioner KPU RI, Idham Holik.(Dok. Metro Tv)

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik dari lima kali debat capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yang bakal digelar KPU, tiga di antaranya adalah debat capres, dan dua sisanya debat cawapres. Dalam pelaksanaannya nanti, tiga pasangan capres-cawapres harus datang.

Menurut Idham, cawapres tetap mendampingi capresnya di atas panggung meski agendanya adalah debat capres. Begitu pula saat agenda debat cawapres, maka capresnya juga mendampingi di atas panggung.

Kehadiran pasangan secara lengkap menjadi bagian pemenuhan informasi publik berkenaan dengan visi-misi program yang bakal disampaikan capres-cawapres ke masyarakat.

Baca juga: Hilangnya Debat Cawapres Hapus Keinginan Publik untuk Tahu Kapasitas Calon

"Tapi tetap yang berdebat utamanya itu adalah masing-masing (capres atau cawapres) sesuai aturan undang-undang. Misalkan pada saat debat capres, yang berdebat itu ya capresnya. Pada saat debat cawapres, yang menjadi aktor utamanya cawapres," jelas Idham saat dikonfirmasi, Sabtu (2/12).

Menurut Idham, pendampingan capres dan cawapres dalam agenda debat tidak melanggar aturan perundang-undangan. Berdasarkan ketentuan Pasal 50 PKPU Nomor 15/2023, debat digelar sebanyak lima kali dengan pembagian tiga untuk capres dan dua untuk cawapres.

KPU telah mengagendakan seluruh debat dilaksanakan di Jakarta. Debat pertama dimulai pada 12 Desember 2023 dengan tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Baca juga: Dituduh Warganet Lindungi Gibran, Ini Jawaban KPU

Debat kedua digelar pada 22 Desember 2023 dengan tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Debat ketiga pada 7 Januari 2024 mengambil tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, dan infrastruktur.

Adapun debat keempat pada 21 Januari 2024 bertemakan energi, sumber daya alam, sumber mineral nusantara, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. Sedangkan debat terakhir digelar pada 4 Februari dengan tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-covid society), dan ketenagakerjaan.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat