visitaaponce.com

Tak Menyoal Pertanyaan Debat, Anies-Muhaimin Sudah Terbiasa Didesak dan Dislepet

Tak Menyoal Pertanyaan Debat, Anies-Muhaimin Sudah Terbiasa 'Didesak' dan 'Dislepet'
Captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus.(MGN)

PASANGAN capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) tak mempermasalahkan soal pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat debat capres. Keduanya disebut sudah terlatih melalui program Desak Anies dan Slepet Imin yang berkonsep anak muda bertanya serta dijawab langsung oleh Anies serta Muhaimin.

"Selama ini dengan program Desak Anies itu bukan mudah loh itu, ya kan, Slepet Imin (juga) itu kan. Jadi itu sudah terlatih lah beliau-beliau itu," kata Captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus di Sekretariat Timnas AMIN, Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 10 Desember 2023.

Kegiatan Desak Anies sudah masuk episode keenam dan terakhir digelar di Lampung. Sedangkan, Slepet Imin sudah dihelat dua kali dan terakhir dilaksanakan di Medan, Sumatra Utara.

Baca juga: Jelang Debat Capres Pertama, Gerindra: Tak Ada Persiapan Khusus dari Prabowo

Di sisi lain, Syaugi menekankan Anies dan Muhaimin sejatinya mematuhi pelaksanaan debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kegiatan itu sebagai ajang untuk menegaskan kembali visi dan misi dari masing-masing pasangan calon (paslon) untuk lebih luas diketahui publik.

"Masyarakat atau rakyat kita hormati untuk bisa mengetahui bagaimana kemampuan masing-masing paslon ini, untuk menyampaikan visi dan misinya serta bisa berargumen bagaimana, kenapa menyampaikan visi itu. Sehingga bisa dijawab dengan baik, lantang, dan lugas serta benar," ucap Syaugi.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud: Tidak Ada Persiapan Khusus Hadapi Debat Perdana

Debat pertama untuk capres digelar pada 12 Desember 2023. Temanya meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua untuk cawapres digelar 22 Desember 2023. Temanya meliputi ekonomi, baik kerakyatan, maupun digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/D, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat ketiga untuk capres digelar 7 Januari 2024. Temanya pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat keempat untuk cawapres digelar pada 21 Januari 2024. Temanya adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat pamungkas untuk capres digelar 4 Februari 2024. Tema debat terakhir meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat