visitaaponce.com

TPN Ganjar-Mahfud Tidak Ada Persiapan Khusus Hadapi Debat Perdana

TPN Ganjar-Mahfud: Tidak Ada Persiapan Khusus Hadapi Debat Perdana
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.(AFP)

JURU Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Cyril Raoul Hakim atau akrab disapa Chico Hakim, mengatakan Ganjar-Mahfud siap dengan format debat capres yang dirancang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Insha Allah siap," ujar Chico ketika dihubungi, Minggu (10/12).

KPU RI memutuskan akan menggelar lima kali debat capres-cawapres untuk pemilihan presiden 2024. Chico mengatakan pasangan Ganjar-Mahfud tidak terlalu banyak persiapan khusus. Selain karena padatnya agenda kampanye, Ganjar-Mahfud menurutnya sudah menuangkan buah pikiran dalam visi-misi yang juga akan dipaparkan saat debat.

Baca juga: KPU Jamin Susunan Pertanyaan Debat tidak Bocor

"Sehingga keduanya sangat menjiwai dan menguasai apa apa yang termaktub dalam visi misi tersebut," terang Chico.

Selain itu, sambungnya, latar belakang Ganjar-Mahfud yang sarat pengalaman aktivisme organisasi dan politik pada masa muda, serta jabatan lain, membuat pasangan calon nomor urut 3 itu siap.

"Begitu lengkap jabatan yang pernah diemban keduanya, baik itu di eksekutif, legislatif, dan yudikatif," ucap Chico.

Baca juga: KPU Tetapkan 11 Nama Panelis Debat Capres

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa pasangan capres atau cawapres akan ikut mendampingi saat debat. Tetapi mereka tidak boleh berbicara ketika agenda debat saat itu adalah pasangannya. KPU juga telah menentukan agenda debat masing-masing. Untuk capres, KPU menjadwalkan 3 kali debat. Sedangkan cawapres 2 kali debat.

Adapun topik debat perdana capres yang akan digelar pada 12 Desember 2023 mengenai pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. Chico menuturkan bahwa Ganjar punya pengalaman yang mumpuni dalam bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

"Terkait topik polhukam. Tentu secara umum Pak Ganjar sangat mumpuni karena punya pengalaman komprehensif dalam pemerintahan sebagai anggota DPR maupun Gubernur (Jawa Tengah). Tapi tentunya ada masukan-masukan dari Pak Mahfud," tutur Chico.

Seperti diketahui Mahfud merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dalam kabinet Indonesia Maju saat ini. Sebelumnya Mahfud pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat