visitaaponce.com

Mada Sukmajati Panelis Debat Capres 2024 dari UGM

Mada Sukmajati Panelis Debat Capres 2024 dari UGM
Mada Sukamajati menjadi salah satu panelis dalam debat capres Pemillu 2024 yang diselenggarakan KPU.(UGM)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 11 panelis yang akan terlibat dalam debat calon presiden (capers) Pemilu 2024. Salah satu nama yang terpilih ialah Mada Sukmajati, pakar Ilmu Politik sekaligus Ketua Prodi Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mada Sukmajati lahir di Madiun, 25 April 1976. Ia menyelesaikan pendidikan S1nya pada 1999 di Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM.

Tak hanya mengenyam pendidikan di dalam negeri, Mada melanjutkan sekolahnya di Jepang untuk menempuh pendidikan S2 di National Graduate Institute for Policy Studies, Tokyo. Mada lulus pada 2004 dengan membawa gelar Master of Public Policy.

Baca juga: Jelang Debat KPU, Ganjar-Mahfud Komitmen Berantas Korupsi dan Wujudkan UU Perampasan Aset

Pada 2011, Mada melanjutkan kembali pendidikan S3 di Heidelberg Unibersity Jerman. Mada Sukmajati berperan aktif dalam melakukan riset lokal ataupun keragaman bersama pihak asing.

Dikutip laman UGM, memiliki sejumlah kajian seperti parpol (partai politik)  tata kelola pemilu, parlemen, dan kebijakan publik.

Baca juga: Komnas Disabilitas Minta Hak Politik Penyandang Disabilitas Dapat Dipenuhi

Mada juga memiliki mata kuliah yang diampu di UGM selama 2022 seperti partai politik, pengorganisasian partai politik, konstitusi dan institusi negara, kajian politik Indonesia, serta lembaga legislatif.

Tak hanya itu Mada memiliki karya buku, buku-buku Mada Sukmajati ialah “Politik Uang di Indonesia: Pola Patronase dan Jaringan Klientelisme pada Pileg 2014", "Korupsi Politik: Teori dan Praktiknya di Indonesia', dan 'Pembiayaan Pemilu di Indonesia".

Pada 2017 menjadi Ketua Tim Panitia Seleksi Anggota Panwas Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo, dalam pemilihan Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo.

Mada sempat merasakan bangku Mahkamah Konstitusi (MK) dengan menjadi ahli dari pihak pemohon, dalam menguji UU Nomor 7 Tahun 2017 perihal Pemilu.

Ia juga dipercaya sebagai Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisioner KPID (Komisi Indonesia Daerah) DIY periode 2023 - 2026 pada tahun 2023.

Sampai pada Pemilu 2024 Mada dipercaya sebagai panelis untuk debat capres yang diadakan pada 12 Desember 2023. Adapun selain Mada ialah: Pakar Ilmu Politik Undana Rudi Rohi, Ahli Hukum Tata Negara Undip Lita Tyesta ALW, Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi, Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto, Pakar Hukum Tata Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono, Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik, Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin, UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, dan Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat