visitaaponce.com

Sinergi Semua Elemen Penting untuk Hapus Korupsi

Sinergi Semua Elemen Penting untuk Hapus Korupsi
Nawawi Pomolango mengatakan diperlukan sinergi semua elemen bangsa untuk memperkuat upaya pencegahan korupsi di semua sektor.(Medcom/candra)

KETUA sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango berharap seluruh elemen bahu membahu menghapus tindakan koruptif di Indonesia

"Kami merasa sinergi antar semua elemen bangsa perlu diperkuat," kata Nawawi membuka acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Nawawi mengatakan koordinasi segala elemen penting dilakukan di sektor pencegahan, maupun penindakan kasus korupsi di Indonesia. Masyarakat pun harus diikutsertakan.

Baca juga: KPK Gelar Puncak Hakordia 2023 Hari Ini

"Bukan cuma sinergi antara penegak hukum, tapi sinergi pemerintah dan masyarakat, termasuk dunia usaha," ucap Nawawi.

Menurut Nawawi koordinasi bisa dilakukan dengan penguatkan penggunaan teknologi informasi. Masyarakat maupun penegak hukum harus bisa mengadukan tindakan korup yang terjadi di lingkungan sekitar.

Baca juga: Kado Pahit Dua Dasawarsa Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia

Sementara itu, pencegahan bisa dilakukan dengan memaksimalkan aplikasi yang digunakan pemerintah pusat dan daerah. Salah satunya yakni penerapan sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

Sistem itu bisa membuat melakukan pemantauan anggaran yang diminta pemerintah daerah maupun pusat menjadi satu pintu. Celah korupsi diyakini semakin tertutup.

Selain itu, KPK bakal terus menguatkan pendidikan antikorupsi di Indonesia. Tujuannya, kata Nawawi, untuk meningkatkan integritas masyarakat di masa depan. "Upaya pencegahan korupsi untuk jangka panjang kami lakukan dengan pendidikan antikorupsi," ucap Nawawi.

Nawawi mengamini banyak pihak meremehkan upaya pendidikan antikorupsi KPK saat ini. Menurut dia, usaha itu baru bisa dirasakan beberapa tahun ke depan. "Kita bisa lihat dalam beberapa tahun atau dekade ke depan," ujar Nawawi.

KPK juga sudah berkoordinasi dengan banyak pihak untuk menguatkan pendidikan antikorupsi ke masyarakat. Lebih dari tiga ribu orang penyuluh sudah disebar untuk meningkatkan integritas masyarakat. "Mereka fokus pada penyuluhan tentang pentingnya antikorupsi pada lapisan masyarakat," tutur Nawawi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat