visitaaponce.com

Profil Wawan Masudi, Panelis Debat Capres 2024 Pernah Buat Disertasi soal Jokowi

Profil Wawan Mas'udi, Panelis Debat Capres 2024 Pernah Buat Disertasi soal Jokowi
Wakil Dekan Akademik Fisipol UGM Wawan Mas'udi.(Dok UGM)

SALAH satu panelis debat capres 2024, Wawan Mas'udi merupakan Wakil Dekan Akademik Fisipol UGM dan alumni S1 dari Departemen Politik dan Pemerintahan Fisipol UGM tahun 2000.

Dikenal dengan sosok yang ramah dan kritis Wawan sapaan akrabnya ditunjuk sebagai panelis debat capres 2024. 

Setelah lulus dengan gelar sarjana ia melanjutkan pendidikan Master di Department of Political Science and Management, Study Welfare State, Agder University College, Norway pada tahun 2006. 

Baca juga : Ganjar Sebut Prabowo Tak Tegas Jawab Isu Pelanggaran HAM

Setelah lulus S2, Wawan kembali melanjutkan pendidikan dengan mengambil gelar PhD di Asia Institute, Faculty of Arts at the University of Melbourne, Australia pada tahun 2016.

Kini Wawan menjabat sebagai Wakil Dekan Akademik Fisipol UGM dan juga dosen yang mengajar pada tingkat S1 dan S3. 

Baca juga : Profil Susi Dwi Harijanti, Panelis Debat Perdana Capres-Cawapres 2024

Mata kuliah yang diampu oleh Wawan pada jenjang S1 meliputi, Partai Politik dan Kebijakan Politik, Perubahan Politik, dan Politik Ekstra Parlementer. Sedangkan untuk jenjang S3, Wawan mengajar pada mata kuliah Teori Politik.

 

Wawan juga dikenal sebagai pakar welfarisme

Tak hanya dikenal sebagai dekan dan dosen, Wawan juga terkenal sebagai pakar Kebijakan Publik, Sistem, dan Institusi-Institusi Pemerintahan, juga pakar Welfarisme (konsep negara kesejahteraan).

Selama berkuliah dan menjabat Wawan telah menerbitkan banyak jurnal dan buku, salah satu jurnal terbarunya adalah Jurnal Contemporary Southeast Asia yang berjudul "Programmatic Politics and Voter Preferences: The 2017 Election in Kulon Progo, Yogyakarta" pada Volume 39, No 3, 2017, yang digarap bersama dengan Nanang Indra Kurniawan. 

Selain itu, bersama Cornelis Lay, Wawan juga memiliki kontribusi sebagai penyunting pada buku politik berjudul "Rezim Kesejahteraan yang Diperebutkan di Indonesia", yang diterbitkan oleh Yayasan Obor, Jakarta.

Wawan juga diketahui menulis sebuah disertasi dengan judul Local Populism in Decentralized Indonesia: Case Study of Jokowi in Solo 2005-2012.

Demikian profil Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi yang dipilih KPU sebagai panelis debat capres 2024. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat