visitaaponce.com

Profil Panelis Debat Keempat, Pakar Lingkungan Undip Sudharto Prawoto Hadi

Profil Panelis Debat Keempat, Pakar Lingkungan Undip Sudharto Prawoto Hadi
Sudharto Prawoto Hadi(Dok. Undip)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 11 nama panelis untuk persiapan debat keempat Pilpres 2024. Dalam debat tersebut, ketiga calon wakil presiden akan beradu gagasan terkait tema yang diusung diketahui tema yang diambil adalah pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Salah satu penulis yang ditetapkan adalah Sudharto. Sudharto merupakan seorang profesor di bidang lingkungan yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman mengesankan. 

Ia menitikberatkan perhatiannya pada perencanaan dan manajemen lingkungan, etika lingkungan, serta resolusi konflik lingkungan. Sudharto juga terlibat dalam bidang energi dan lingkungan, khususnya dalam aspek sosial dan kebijakan, menjadikannya sebagai kontributor utama dalam Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan di Universitas Diponegoro (Undip).

Baca juga : Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Jadi Panelis Debat Kelima Pilpres 2024

Diketahui Sudharto memulai perjalanan pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Diponegoro pada 1979. Setelah itu pada 1989, ia berhasil memperoleh gelar Master in Environmental Studies (MES) dari Faculty of Environmental Studies di York University, Toronto, Kanada. 

Kemudian melanjutkan pendidikannya pada School of Community and Regional Planning di University of British Columbia (UBC), Vancouver, Kanada sebagai tempat untuk mengejar gelar doktornya. 

Gelar doktor tersebut, ia berfokus pada perencanaan dan manajemen lingkungan, etika lingkungan, serta resolusi konflik lingkungan menunjukkan komitmen mendalamnya terhadap pemahaman holistik terkait isu-isu lingkungan.

Baca juga : Akademisi yang Punya Pengalaman Politik, Profil Panelis Debat Kelima Tukiman Taruna Yoga

Setelah menyelesaikan pendidikan doktoralnya, Sudharto kembali ke Indonesia dengan membawa misi, pengalaman, dan pengetahuan internasionalnya untuk memajukan pendidikan dan riset lingkungan di tanah air. 

Karena itu, Ia menjadi seorang dosen dan peneliti di Undip serta berperan sebagai simpul Sustainable Energy and Environmental Forum yang berbasis di Kyoto University, Jepang. 

Peran ini mencerminkan perhatiannya pada pengembangan solusi berkelanjutan dan inovatif di bidang energi dan lingkungan.

Baca juga : Guru Besar UPI Jadi Panelis Debat Capres Ke-5

Dalam perkembangan terkini, Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan di Undip menjadi fokus Sudharto. Kini program tersebut telah menjadi pusat unggulan dalam Sustainable Energy and Environmental Forum. 

Kerja sama lintas batas dengan Kyoto University menunjukkan pengakuan internasional terhadap kontribusi dan dedikasinya dalam menghadapi tantangan global terkait energi dan lingkungan.

Sudharto tidak hanya memiliki keahlian akademis, tetapi juga turut serta berperan dalam penyelesaian konflik lingkungan. Etika lingkungan yang menjadi salah satu fokusnya mencerminkan kepeduliannya terhadap nilai-nilai keadilan dan keberlanjutan dalam konteks lingkungan hidup.

Dengan karier yang kaya akan pengalaman pendidikan dan penelitian, Sudharto terus menjadi tokoh penting untuk berkontribusi dalam debat keempat pilpres 2024 ini. Diketahui debat ini akan diselenggarakan pada Minggu, 21 Januari 2024. Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat