visitaaponce.com

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Jadi Panelis Debat Kelima Pilpres 2024

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Jadi Panelis Debat Kelima Pilpres 2024
Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Aminuddin Syam(Dok. Medcom.id)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan nama-nama panelis untuk debat kelima Pilpres 2024, yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada Minggu, 4 Februari 2024. 

Salah satu nama panelis yang diumumkan adalah guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Aminuddin Syam.

Dikutip dari situs Universitas Hasanuddin, Aminuddin Syam, lahir di Wajo pada 17 Juni 1967. Ia merupakan alumni Universitas Hasanuddin, Makassar, dan menempuh pendidikan antara 1987 hingga 1994. 

Baca juga : Akademisi yang Punya Pengalaman Politik, Profil Panelis Debat Kelima Tukiman Taruna Yoga

Selanjutnya, ia melanjutkan studi S2 di Universitas Indonesia dalam program Magister Gizi Kesehatan Masyarakat, serta di Universitas Gadjah Mada untuk program Magister pascasarjana Fakultas Kedokteran. Untuk gelar S3, ia kembali menempuh studi di Universitas Hasanuddin dengan mengambil fakultas kedokteran pada 2011 hingga 2017.

Saat ini, Aminuddin Syam menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) untuk periode 2022-2026. 

Ia juga menjabat sebagai Kepala Program Studi Pascasarjana Jenjang Doktor Kesehatan Masyarakat di Universitas Hasanuddin. Sebelumnya,. Aminuddin Syam pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat di universitas yang sama.

Baca juga : 4 Gelaran Debat Capres-Cawapres Jangkau 394 Juta Penonton TV

Selama lima tahun terakhir, Aminuddin Syam aktif melakukan penelitian. Beberapa penelitian yang telah dilakukannya antara lain Pengembangan Biji Labu Kuning (Cucurbita Moschata Durch) Sebagai Snack Sehat Untuk Mengatasi Defisiensi Zink Pada Anak Sekolah tahun 2017-2020; Pengaruh Pemberian Emulsi Minyak Sawit Merah Terhadap Kadar Retinol Plasma Anak SD di Kawasan Pesisir Kota Makassar tahun 2014; dan Pengaruh Pemberian Multi Zat Gizi Mikro kepada Wanita Prakonsepsi terhadap Status Stres Oksidatif Ibu Hamil, Outcome Kehamilan, serta Status Metabolik dan Antropometrik Anak 6-12 Bulan tahun 2014.

Debat terakhir Pemilu 2024 yang diikuti para calon presiden (capres) akan menyoroti tema Sumber Daya Manusia (SDM) dan Inklusi, dengan subtema meliputi Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Pendidikan, Kesehatan, dan Ketenagakerjaan. (Z-5)

Baca juga : Profil Panelis Debat Keempat, Pakar Lingkungan Undip Sudharto Prawoto Hadi

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat