visitaaponce.com

Akademisi yang Punya Pengalaman Politik, Profil Panelis Debat Kelima Tukiman Taruna Yoga

Akademisi yang Punya Pengalaman Politik, Profil Panelis Debat Kelima Tukiman Taruna Yoga
Tukiman Taruna Sayoga(Dok. STPMD APMD Yogyakarta)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan nama-nama panelis debat terakhir calon presiden (capres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Dengan total 12 panelis yang telah ditetapkan, debat kelima Pilpres 2024 diharapkan menjadi ajang intelektual yang memperkaya gagasan dari berbagai latar belakang, mulai dari pakar kesehatan hingga pendidikan.

Debat terakhir akan menjadi panggung bagi Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo menyampaikan visi-misi sesuai dengan tema, yaitu  pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Baca juga : Pengamat Nilai Citra Gemoy Prabowo Hanya Topeng, Aslinya Suka Emosi

Salah satu panelis yang ditunjuk untuk debat mendatang adalah Tukiman Taruna Yoga, Ia merupakan Ketua Dewan Penyantun UNIKA Soegijapranata Semarang serta dosen Pascasarjana di (Universitas Diponegoro (Undip) Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS) dengan fokus mata kuliah dalam Community Development Planning. 

Selain itu, Tukiman juga memiliki pengalaman politik sebagai calon legislatif untuk DPD pada Pemilu 2004, mewakili Daerah Pemilihan Jawa Tengah. Dalam pemilihan tersebut, Tukiman berhasil memperoleh total suara sah sebanyak 15.694.741.

Tukiman juga meraih 173.709 suara sebagai calon nomor 1 pada daftar calon partai. Hasil suara itu menjadikan Tukiman sebagai pemenang berurutan, mengamankan kursi DPD untuk Jateng pada Pemilu 2004.

Baca juga : Jelang Debat, Komnas Minta HAM tak Jadi Isu Lima Tahunan

Tidak hanya berkiprah dalam politik, Tukiman juga dikenal atas karya tulisnya, termasuk kolaborasinya dalam buku 'Pendidikan Nasional Dalam Reformasi Politik Dan Kemasyarakatan’.

Tukiman Taruna Yoga adalah salah satu dari 12 panelis yang akan bertugas menyusun pertanyaan kepada calon presiden dalam debat terakhir Pemilu 2024. (Z-5)

Baca juga : Jelang Debat KPU, Ganjar-Mahfud Komitmen Berantas Korupsi dan Wujudkan UU Perampasan Aset

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat