visitaaponce.com

Anies Dinilai Warga Paling Bagus dalam Adu Gagasan

Anies Dinilai Warga Paling Bagus dalam Adu Gagasan
Capres Anies Baswedan pada debat perdana di halaman kantor KPU(AFP/Yasuyoshi Chiba)

MASYARAKAT menilai performa Anies Baswedan lebih baik ketimbang dua calon presiden (capres) lainnya dalam debat perdana yang digelar di halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12). Hal itu setidaknya disampaikan oleh Susiwati, 35, pekerja lembaga swadaya masyarakat di Jakarta.

Susi menilai debat perdana yang membahas isu seputar demokrasi dan hak asasi manusia (HAM) berjalan seru. Menurutnya, di antara tiga capres yang berdebat, Anies yang terlihat paling bagus dalam adu gagasan. Anies juga disebutnya tidak tampak kaget selama debat berlangsung.

"Kelihatan jelas calon yang paling bagus soal adu gagasan sih Anies ya, enggak kaget juga," katanya kepada Media Indonesia.

Baca juga : Debat Capres Perdana Dinilai Kering Gagasan

Di sisi lain, ia cukup kaget dengan pernyataan Prabowo Subianto terkait penuntasan kasus pelanggaran HAM berat. Baginya, Prabowo tidak menghargai korban pelanggaran HAM di hadapan publik. Sementara itu, Ganjar Pranowo dinilai jago saat bertanya, tapi susah dalam bertahan.

"Pertanyaannya (Ganjar) banyak yang nonjok, tapi argumen kesuksesannya so-so," ujar Susi.

Baca juga : Prabowo Mau Naikkan Gaji Hakim, Setuju? 

Setelah debat perdana dilaksanakan, ia menyebut masih banyak celah dari visi-misi dan gagasan dari setiap capres. Oleh karenanya, Susi belum dapat menentukan siapa yang bakal dipilih pada 14 Februari 2024. Hal senada juga disampaikan Ardiansyah Pratama, 29, pekerja swasta di Jakarta.

Meski debat capres pertama belum cukup meyakinkannya untuk memilih, ia menilai Anies lebih baik ketimbang Prabowo dan Ganjar. Sebab, Anies membawa data dalam debat tersebut.

"Saya akan mencoba mengikuti debat capres selanjutnya dengan topik yang berbeda untuk meyakinkan diri capres mana yang lebih oke," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat