visitaaponce.com

Alasan Anies Libatkan Ayah Harun Al Rasyid di Debat Capres

Alasan Anies Libatkan Ayah Harun Al Rasyid di Debat Capres
Capres nomor urut satu Anies Baswedan(MI / Usman Iskandar)

CALON Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengungkapkan alasannya menghadirkan ayah dari Harun Al Rasyid, korban tewas akibat kerusuhan dalam unjuk rasa hasil Pilpres 2019 lalu ke panggung debat capres. Anies mengaku ingin ada penyelesaian dan penegakan hukum yang berkeadilan bagi keluarga korban Harun Al Rasyid sehingga mengambil langkah untuk melibatkan ayah dari Harun Al Rasyid. 

“Semalam kita membahas soal hukum dan satu masalah yang kita saksikan ada di masyarakat adalah korban korban kekerasan yang tidak pernah mendapatkan penghujungnya, apa sih pengunjungnya itu, satu keadilan, harus tindakan hukum yang tuntas,” ucap Anies di Jakarta, Rabu (13/12). 

Terpisah, Pengamat Politik, Bawono Kumoro menyoroti gestur Anies Baswedan. Bawono menilai cara yang dilakukan Anies dianggap kurang etis dilakukan lantaran terkesan menonjolkan penderitaan orang lain untuk bahan kampanye.

Baca juga : Kontras: Pernyataan Capres 02 Kuatkan Keterlibatan Prabowo dalam Kasus HAM

"Apabila maksud utama dari anies ingin menunjukkan diri sebagai calon presiden memiliki concern terhadap persoalan hak asasi manusia cukup untuk disampaikan saja secara verbal apa, contoh kasus mana, tanpa harus turut membawa keluarga korban di panggung debat agar tidak terkesan memanfaatkan kondisi korban untuk agenda politik pemilu 2024," kata Bawono. 

Baca juga : Kontras: Prabowo Berlindung di Balik Dukungan Aktivis 98 saat Debat Capres

Bawono menganggap strategi Anies melibatkan ayah Harun Al-Rasyid di arena debat berpotensi merugikan dirinya. Terlebih kedua kandidat capres pesaing Anies bukan menjadi pihak yang berkuasa saat Pemilu 2019 lalu. 

"Strategi Anies dengan membawa orang tua almarhum Harun dalam debat kemarin agak berlebihan," tegas dia.

Sementara, Bawono menilai Prabowo dianggap mampu memberi jawaban secara proporsional tidak berlebih dan lugas dalam bertutur.

"Prabowo juga tentu saja mengungkapkan apa yang menjadi visi-misi rencana ke depan apabila terpilih sebagai presiden," tutur Bawono. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat