visitaaponce.com

Pernyataan Ndasmu Etik Prabowo, Pengamat tidak Ada Moralitas

Pernyataan 'Ndasmu Etik' Prabowo, Pengamat: tidak Ada Moralitas
Capres Prabowo Subianto(AFP)

Pernyataan 'ndasmu etik' yang dituturkan Prabowo Subianto untuk membantah pernyataan Anies Baswedan dianggap sangat tidak mencerminkan sikap kesatria. Pasalnya, pernyataan itu disampaikan bukan saat debat capres, melainkan di forum partai.

"Sikap tidak kesatria. Membantah pernyataan Anies di luar forum yang disediakan yaitu forum debat. Dia maklah mengolok-olok personal, bukan argumen, di belakang panggung pula. Itu memperlihatkan sikap tidak kesatria," kata Direktur eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti dalam keterangan tertulis, Minggu (17/12).

Sebagaimana diketahui, Anies menyinggung pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait yang berujung pada pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres. Saat debat berlangsung, Prabowo mengatakan tidak mempermasalahkan putusan yang dihasilkan oleh hakim yang melanggar kode etik itu.

Baca juga: Pemilih Muda Cenderung Berpikir Rasional, Muak dengan Gimik

Namun, beberapa hari berselang, Prabowo kembali mengungkit pertanyaan tersebut di dalam forum partainya sendiri.

Menurut Ray, sebagaian politikus Indonesia tak menganggap aspek moralitas seperti itu sebagai hal yang penting. Bagi mereka, hal tersebut merupakan barang asing. Dia mengatakan sebagian politikus melihat demokrasi sebagai seperangkat aturan, bukan norma. Kubu ini yang disebut kemudian penganut paham demokrasi minimalis.

Baca juga: Pakar Komunikasi Politik Nilai Pertanyaan Etik Anies Membuat Prabowo tidak Nyaman

"Penganut paham demokrasi minimalis itu hanya kenal boleh atau tidak. Bukan baik atau buruk. Maka, jika hukum menyatakan boleh, mereka akan melakukannya dan sebaliknya," tandas Ray. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat