visitaaponce.com

Ekonom Senior UGM Poppy Ismalina Jadi Panelis Debat Cawapres

Ekonom Senior UGM Poppy Ismalina Jadi Panelis Debat Cawapres 
Poppy Ismalina(fiskal.kemenkeu.go.id)

DALAM debat Cawapres, yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12), Poppy Ismalina, yang merupakan Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, menjadi salah satu panelis utama. 

Poppy menjadi satu-satunya wakil dari UGM di debat cawapres yang akan membahas berbagai isu ekonomi, seperti Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Poppy Ismalina lahir di Jakarta pada 27 Januari 1972 dan menyelesaikan gelar Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomi UGM pada 1995. Pendidikan selanjutnya adalah gelar Master of Economics of Development yang diperoleh di Australian National University pada 2003 dan meraih gelar PhD dari University of Groningen, Belanda, pada 2011.

Baca juga: Jelang Debat Cawapres, Kubu 01 dan 03 tidak Remehkan Gibran

Sebelum terjun ke dunia akademis, Poppy juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur dan Deputi Penelitian dan Pelatihan FEB UGM serta Direktur Magister Ekonomika Pembangunan FEB UGM. 

Lalu, pada 2011, Poppy menjadi konsultan di International Labour Organization untuk isu dampak perdagangan internasional terhadap ketenagakerjaan di Indonesia.

Selain bekerja pada bidang akademik di Indonesia, Poppy juga memiliki pengalaman sebagai Visiting Fellow di Australian National University pada Januari-Desember 2013. 

Baca juga: Rektor Universitas Bengkulu Retno Agustina Ekaputri Jadi Panelis Debat Cawapres

Sedangkan, saat ini, Poppy sedang fokus menjalankan riset tentang modal sosial dan industri kreatif di Indonesia serta melakukan analisis terkait kelembagaan dan kinerja pengelolaan sektor hulu migas di Tanah Air.

Pertengahan September 2023 lalu, Poppy turut serta dalam bedah buku Membongkar Pikiran Ganjar di Jakarta. Ia mengeksplorasi tiga spirit besar yang disampaikan Ganjar Pranowo untuk memajukan Indonesia menjadi negara maju.

Selain itu, Poppy juga aktif sebagai kontributor dalam jurnal akademik. Dia telah mempublikasikan banyak artikel termasuk karyanya yang berjudul The Impact of Economic Reform on Unemployment in Indonesia, serta menulis buku berjudul An Integrating Analysis of Socio-Economic Structures and Actors in Indonesian Industrial Cluster Analysis.

Dengan latar belakang dan kontribusi yang luar biasa, kehadiran Poppy sebagai panelis debat Cawapres tidak hanya memberikan dimensi akademis yang kuat tetapi juga membawa pengalaman praktis yang berharga dalam mengurai isu-isu ekonomi yang kompleks. (Z-1)

'Simak juga Ordal, obrolan mendalam di kanal youtube Media Indonesia bertemakan Gus Imin Waspada, Gibran Kepeleset, Mahfud Siaga'



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat