visitaaponce.com

Yose Rizal Damuri Jadi Panelis di Debat Kedua

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat kedua untuk calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat (22/12). Dalam upaya memastikan kerangka debat yang informatif, KPU telah menunjuk sejumlah pakar ekonomi sebagai panelis dan salah satunya ialah Yose Rizal Damuri, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Yose menjadi satu dari 11 pakar ekonomi tersebut yang akan terlibat di acara debat. Dia dan lainnya akan berperan dalam merumuskan pertanyaan yang akan diajukan kepada para cawapres. Pertanyaan akan mencakup isu-isu krusial seperti ekonomi kerakyatan, kemajuan ekonomi digital, keuangan nasional, strategi investasi, kebijakan pajak, perdagangan internasional, serta pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Yose sendiri dikenal sebagai Executive Director di CSIS dan aktif dalam penelitian terkait perdagangan internasional, integrasi regional, dan dampak globalisasi terhadap perekonomian. CSIS, sebagai lembaga pemikir terkemuka, terus berkomitmen dalam menyediakan kajian kebijakan yang mendalam, advokasi publik, dan edukasi bagi masyarakat.

Baca juga: Ekonomi Digital Jadi Salah Satu Tema Debat Cawapres

Yose juga terlibat dalam beberapa jaringan penelitian dan konsultasi di Indonesia dan Asia Timur, seperti Indonesia Service Dialogue (ISD) dan Asia-Pacific Research and Training Network on Trade (ARTNeT).

Latar belakang pendidikan Yose menjadi landasan kuat dalam perannya sebagai pakar ekonomi. Gelar sarjana diraihnya dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dilanjutkan dengan studi master di The Australian National University (ANU), dan meraih gelar PhD di bidang Ekonomi Internasional dari Graduate Institute of International Studies (HEI) di Jenewa, Swiss.

Baca juga: Visi Misi Jadi Senjata Muhaimin di Debat Cawapres

Selain kontribusinya dalam dunia akademis, Yose juga aktif sebagai pengajar dalam mata kuliah Ekonomi Internasional di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Keberhasilannya dalam penelitian dan sumbangsih tulisannya secara rutin dimuat dalam surat kabar lokal dan nasional, menjadikan Yose sebagai salah satu figur yang berpengaruh di dunia ekonomi Indonesia. (Z-6)

'Simak juga Ordal, obrolan mendalam di kanal youtube Media Indonesia bertemakan Gus Imin Waspada, Gibran Kepeleset, Mahfud Siaga'



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat