visitaaponce.com

Anies Baswedan Pemimpin Harus Punya Emosi yang Stabil

Anies Baswedan: Pemimpin Harus Punya Emosi yang Stabil
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP)

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menilai sosok pemimpin tidak hanya harus santun, tetapi juga wajib memiliki emosi yang stabil.

"Pemimpin itu bukan dibutuhkan kesantunannya, pemimpin itu dibutuhkan stabilitas (emosi)," kata Anies di Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Kamis (21/12).

Dengan emosi yang stabil, secara otomatis seorang pemimpin akan bisa menunjukkan kesantunan. Sebaliknya, sikap yang santun yang dipertontonkan di ruang publik, tidak bisa memastikan apakah seseorang memiliki kestabilan emosi yang baik.

Baca juga: Anies Baswedan: Masyarakat harus Selektif dalam Konsumsi Informasi

"Karena santun hanya terlihat dari tampilan luar, tidak dalam dirinya. Sementara, stabilitas emosi ada dalam diri, jiwa," jelas Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bersyukur mampu mengendalikan emosinya ketika berada di suasana tidak nyaman. Hal itu bisa ia lakukan karena pengalamannya berorganisasi sejak menjalani pendidikan.

Baca juga: Anies Baswedan: Dukungan Jusuf Kalla adalah Amanat Besar

"Sehingga setiap kali kita ketemu suasana yang tidak nyaman, kita juga bisa mengendalikannya. Tapi kalau tidak terbiasa dalam suasana tidak nyaman maka maunya serba nyaman. Ketika tidak nyaman dia akan bereaksi," ucap Anies. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat