visitaaponce.com

Aktivis 98 Ada Capres yang Berpotensi Bawa Indonesia Kembali ke Era Orba

Aktivis 98: Ada Capres yang Berpotensi Bawa Indonesia Kembali ke Era Orba
Para aktivis 98(Istimewa)

Aktivis 1998 yang tergabung dalam Gerak 98 mengungkap keresahan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Buya Azwar Furgudyama, salah satu aktivis, menyatakan ada pihak yang berpotensi mengembalikan era reformasi ke Orde Baru (Orba).

"Sebagai aktivis 98, kami dihadapkan oleh panggilan kesejarahan saat masa transisi (reformasi), dan membangun masa depan, yang tentu saja kami semua tidak ingin kembali ke masa Soeharto silam," kata Azwar saat diskusi dan bedah Buku Hitam Prabowo Subianto dan kegiatan Sorowajan Memanggil di Yogyakarta, Jumat (22/12).

Azwar mengajak seluruh pihak membuka mata lebar-lebar terkait sejarah kelam itu. Sebab, ada salah satu kandidat di Pemilu 2024 yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang melambangkan keganasan Orde Baru, sehingga ada potensi membahayakan demokrasi jika terpilih nanti.

Baca juga: Prabowo-Gibran Ingin Beri Susu Gratis, tapi Mayoritas Susu masih Impor

Senada, Aktivis 98 Widihasto mengatakan pemerintahan periode ini tidak mampu menuntaskan permasalahan HAM. Bahkan, janji menyelesaikan kasus pelanggaran HAM tak kunjung direalisasikan.

"Ini selalu menjadi beban sejarah bagi bangsa Indonesia," kata dia.

Baca juga: Raffi Ahmad Hadir Dukung Prabowo-Gibran di Debat Cawapres, Siap terjun Politik?

Jangan sampai, kata Widihasto, demokrasi mengalami kemunduran karena pembiaran terkait pelanggaran HAM. Dampaknya, kekuasaan dapat begitu masif dan bertindak dengan mengabaikan suara masyarakat. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat