visitaaponce.com

Soal Program 40 Kota, Anies Bukan Bangun Baru, Tapi Upgrade Kota yang Ada

Soal Program 40 Kota, Anies : Bukan Bangun Baru, Tapi Upgrade Kota yang Ada
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(AFP/Yasuyoshi Chiba)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menjelaskan, program membangun 40 kota bukan berarti menggagasnya dari nol. Namun, 40 kota yang masuk dalam daftar tersebut akan ditingkatkan dari pelayanan hingga fasilitasnya.

"Jadi 40 kota ini di-upgrade menjadi kota yang menghidupkan di sekitarnya. Itulah yang ingin kita lakukan. Bukan membuat dari lahan baru jadi kota baru, bukan," kata Anies di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12).

Anies mencontohkan kota-kota yang perlu ditingkatkan, seperti di sekitar Semarang. Kota-kota di sekitar Semarang ke depannya ikut menopang perekonomian dan pemerataan akan terwujud.

Baca juga : Respons Kapten Timnas AMIN soal Guyonan Gus Yahya pada Cak Imin

"Misalnya purwokerto, Cilacap, Tegal, Pekalongan, kota-kota yang baru meningkat. (Misalnya juga) di Sulawesi sama, Sulawesi Selatan sekarang sudah besar, bagaimana kota Pare-Pare ditingkatkan, bagaimana kota-kota lain didorong," jelas Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan keunggulan meningkatkan 40 kota tersebut akan menggerakkan urbanisasi. Sehingga, pergerakan kaum urban tidak hanya fokus di kota-kota besar saat ini, termasuk Jakarta.

Baca juga : Dilaporkan Karena Gunakan Akronim Amin, Anies : Pelapor Lumayan Tambah Tenar

"Kalau kota-kota di seluruh pulau besar Indonesia kalau kota-kotanya berkembang, maka urbanisasi itu kota-kotanya ada di sana, tidak harus pindah ke Jawa, atau ke Jakarta. Itu strategi yang dimaksud dengan meng-upgrade sekitar 40-an kota, dan itu ada studinya," ujar Anies.

Program membangun 40 kota datang dari keprihatinan wilayah timur Indonesia yang makin banyak kota kecil. Anies juga menegaskan program itu memakai prinsip membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar.

"Kita ingin bangun transportasi umum, kita ingin bangun sistem, distribusi air yang baik, pengolahan sampah yang baik, supaya kota-kota yang dikembangkan ini tidak perlu mengulangi masalah yang ada di Jakarta. Jakarta baru akhir-akhir ini bangun transportasi umum, kemudian membangun distribusi air bersih," kata Anies.

Anies dan Muhaimin Iskandar (Amin) bertekad membangun 40 kota untuk terciptanya pemerataan pembangunan. Hal ini disampaikan Muhaimin dalam debat cawapres.

"Kami memiliki satu tekad bahwa di pemerintahan yang akan datang minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta," kata dia dalam Debat Cawapres Pilpres 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12). (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat